Antisipasi Apa yang Harus Dilakukan Ketika Step Terjadi Pada Bayi

Antisipasi Apa yang Harus Dilakukan Ketika Step Terjadi Pada Bayi

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Step Terjadi Pada Bayi yaitu berusahalah untuk tidak terlalu panik. Dalam keadaan seperti ini, ibu mana yang tak panik ketika melihat si buah hati kejang-kejang. Pada umumnya Penyebab Kejang Pada Bayi karena  demam tinggi pada bayi. Tubuh bayi yang sedang mengalami demam adalah bentuk pertahanan tubuh yang sedang aktif melawan virus yang menyerang tubuh bayi, berupa demam. Demam yang sangat tinggi melebihi 38 derajat celsius inilah kemudian memicu kejang atau disebut dengan Step (stuip).

tumblr_inline_nu4t4wDkRn1taae1d_500-300x300

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Step Terjadi Pada Bayi dan Ciri Kejang Demam

Demam tinggi disertai kejang atau Step (Stuip) berbeda dengan epilepsi. Kejang ini ditimbulkan karena kontraksi otot pada tubuh bayi yang berlebihan dari keadaan normal pada selang waktu tertentu. Kejang demam atau Step berbeda memiliki ciri yaitu gigi terkatup, disertai bayi muntah. Bahkan bayi anda terlihat seakan berhenti bernapas pada waktu tertentu. Pada kasus tertentu tubuh bayi tidak dapat mengontrol pengeluaran buang air kecil dan besar. Kasus yang lebih berat lagi, bayi tidak sadarkan diri dan waktu kejang bervariasi. Apa yang Harus Dilakukan Ketika Step Terjadi Pada Bayi, yaitu segera membawa si kecil ke dokter ahli atau rumah sakit.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Step Terjadi Pada Bayi Mengukur Suhu Tubuh dengan Termometer Raksa

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Step Terjadi Pada Bayi, yaitu tidak mengukur suhu tubuh si kecil dengan hanya menggunakan punggung tangan bunda. Sebab cara ini tidak akan akurat mengukur seberapa tinggi panas pada bayi, sebaiknya menggunakan termometer yang lebih baik mengukur suhu panas, dengan menempelkannya di rektum atau mulut. Selain itu kompres tubuh si kecil dengan air biasa, di dahi, di leher, dilipatan paha dan ganti setiap beberapa menit sekali. Penting pula untuk tidak membungkus tubuh bayi dengan pakaian tebal karena akan menghambat penguapan serta akan membuat suhu tubuh menjadi lebih panas.

Baca Juga:  Mengapa Tangan Balita Tiba-Tiba Lemah? Kenali Penyebabnya

Jika kejang berlanjut, sebaiknya segera bawa ke dokter atau rumah sakit untuk mendapat perawatan medis. Anak yang kejang setiap menitnya menghambat oksigen ke otak, sehingga jika dibiarkan akan memperparah keadaan bayi, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Pantau pula untuk melihat apakah ketika anak sakit selalu kejang, karena kejang ini akan mengganggu fungsi saraf otak si kecil. Apa yang Harus Dilakukan Ketika Step Terjadi Pada Bayi Bunda harus waspada jika sakit Step ini sering terjadi apalagi tanpa demam untuk balita di bawah 6 bulan, karena berkemungkinan besar anak akan menderita epilepsi.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.