Alasan Mengapa Sendi Sakit pada Saat Hamil

Alasan Mengapa Sendi Sakit pada Saat Hamil

 

hamil-4Ada banyak hal baru dan pengalaman baru yang akan anda temukan pada saat hamil. Kehamilan menyebabkan tubuh kita sedikit rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Bahkan, masalah kesehatan yang sudah ada biasanya menjadi lebih parah pada saat hamil. Itulah sebabnya mengapa setiap wanita dianjurkan untuk berkonsultasi dan mengecek kondisi kesehatannya terlebih dahulu di dokter atau di pusat-pusat pelayanan kesehatan sebelum mereka hamil.

Karena pada saat hamil, wanita tersebut akan kesulitan mengobati penyakit yang ada.Sebab, wanita hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi sembarang obat. Jadi, ada baiknya berbagai penyakit diobati terlebih dahulu hingga sembuh baru kemudian hamil.

Ada banyak gejala kehamilan yang dialami wanita seperti sakit kepala, mual atau morning sickness, masalah pigmentasi pada kulit dan bahkan sakit punggung serta nyeri sendi.

Meskipun sakit punggung adalah yang paling umum, namun beberapa wanita ada yang mengalami rasa sakit atau nyeri pada sendi-sendi mereka seperti di siku, jari-jari, lutut, pinggul dan bahkan di pergelangan kaki.

Alasan atau penyebab nyeri pada ibu hamil sebenarnya sangat bervariasi antara satu wanita dengan wanita lainnya. Namun ada beberapa alasan umum yang berkaitan dengan perubahan fisik selama kehamilan. Perubahan berat badan dan distribusi berat merupakan alasan yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa alasan mengapa sendi bisa terasa sakit pada saat hamil.

 

Alasan pertama

Kenaikan berat badan yang sangat signifikan dari bulankebulan menyebabkan sendi sedikit kaget dan terkadang menjadi nyeri. Berat badan yang naik akan menyebabkan rasa sakit di bagian lutut, pergelangan kaki dan pada pinggul.

 

Alasan kedua

Cairan di tubuh juga akan meningkat selama kehamilan dan ini mempengaruhi sendi sehingga menyebabkan rasa nyeri. Banyaknya cairan yang ada di tubuh menyebabkan rasa nyeri yang biasanya ditemukan pada daerah pergelangan tangan. Apabila tidak segera diatasi, masalah tersebut mungkin akan anda rasakan dalam jangka waktu yang sangat panjang dan bahkan dapat menyebabkan sakit pada tangan.

Baca Juga:  Tips Mendapatkan Anak Laki-Laki

 

Alasan ketiga

Penyebab lain nyeri sendi adalah posisi tidur yang tidak benar. Apabila anda tidur dalam posisi yang salah, berdiri terlalu lama, atau duduk terlalu lama, semuanya dapat mengakibatkan sendi sakit. Oleh sebab itu, pada saat istirahat atau tidur anda dianjurkan tidur dengan menggunakan sisi sebelah kiri tubuh anda. Posisi ini akan membantu anda mengurangi rasa sakit dan mati rasa pada daerah panggul.

 

Alasan keempat

Hipotiroidisme atau kekurangan hormon tiroid juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada sendi selama kehamilan.

 

Alasan kelima

Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan ligamen panggul dan tendon menjadi lebih kendor. Selain itu, ligamen dan tendon di sekitar lutut juga akan terpengaruh sehingga akan terasa ngilu pada sendi-sendi.

 

Alasan keenam

Alasan lain mengapa wanita hamil sering merasa sakit pada sendi adalah karena mereka banyak berdiri di tempat kerja atau sering bekerja mengangkat beban-beban berat. Beberapa bagian tubuh yang sering merasa nyeri apabila kita sering bekerja sambil berdiri adalah bagian pergelangan kaki, lutut dan bagian punggung.

 

Alasan ketujuh

Alasan lain mengapa sendi sakit pada saat hamil adalah karena adanya sejarah medis dimana kita memiliki penyakit rheumatoid arthritis atau keluhan sendi yang lainnya. Meskipun sakit sendi bisa sembuh dengan sendirinya, pada situasi-situasi tertentu anda juga mungkin akan membutuhkan bantuan medis sehingga sebaiknya tidak dianggap remeh.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.