Alasan Mengapa Latihan Tidak Boleh Diabaikan Selama Kehamilan

Alasan Mengapa Latihan Tidak Boleh Diabaikan Selama Kehamilan

olahraga-hamilBerbagai jenis latihan sangat dianjurkan dan tidak boleh diabaikan selama kehamilan terutama bagi ibu-ibu yang kehamilannya beresiko rendah. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berlatih terutama untuk menjaga kebugaran, meningkatkan imun tubuh, melancarkan peredaran darah, memudahkan persalinan, menjauhkan komplikasi serta untuk menjaga agar janin didalam kandungan tetap sehat.

Mereka yang menderita tekanan darah tinggi bahkan harus berterima kasih pada aktivitas yang satu ini karena dapat membantu menormalkan tekanan darah atau menjaga darah dalam kondisi yang stabil.

Bayi yang kekurangan berat badan saat lahir menghadapi resiko menderita tekanan darah tinggi setelah mereka tumbuh dewasa kelak. Apabila ibunya secara rutin berolahraga selama kehamilan, resiko tersebut bisa ditekan. Hal tersebut berdasarkan beberapa studi yang dilakukan oleh ahli kesehatan. Ini menegaskan kembali bahwa berbagai jenis latihan ringan selama kehamilan sangat diperlukan.

Anda pasti sudah tahu bahwa tekanan darah tinggi memainkan peranan sangat penting dalam kesehatan secara keseluruhan terutama sistem kardiovaskular. Ibu yang aktif secara fisik dapat membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi pada anak-anak mereka dan dapat mencegah berat badan berlebihan sehingga mereka para ibu hamil maupun bayi dalam kandungan yang akan lahir kelak terhindar dari obesitas.

Kegiatan-kegiatan sederhana seperti jalan kaki selama kurang lebih 30 menit setiap hari ternyata dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang telah disebutkan sebelumnya.Bagi anda yang ingin mengetahui secara lengkap berbagai alasan mengapa olahraga atau latihan tidak boleh diabaikan selama kehamilan diantaranya adalah,

Mengatasi tekanan darah tinggi

Pada umumnya, kehamilan memang sangat melelahkan dan menuntut fisik yang baik. Tetapi, dengan melakukan berbagai jenis latihan ringan secara rutin, hal tersebut akan membantu menguatkan fisik, menambah stamina dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Alasan lain yang juga sangat penting adalah, olahraga secara teratur dapat membantu menjaga sistem kardiovaskular dan menghindarkan kita dari tekanan darah tinggi.

Baca Juga:  8 Cara Mempercepat Proses Persalinan

Dengan tubuh yang bugar, sehat,berenergi serta berstamina, anda pun siap menghadapi berbagai tantangan mulai dari pekerjaan di rumah, mengurus suami dan keluarga, atau melakukan berbagai pekerjaan di kantor.

Mengatasi stres dan rasa cemas

Ibu hamil tidak bisa tidak, pasti akan mengalami beberapa tekanan atau beban pikiran selama kehamilan, mulai dari memikirkan kandungannya, memikirkan proses persalinan, serta memikirkan berbagai gejala yang dihadapinya. Untuk menghindari stres dan mengurangi rasa cemas dianjurkan kepada setiap wanita hamil untuk melakukan berbagai jenis olahraga atau aktivitas fisik seperti latihan yang akan membantu mereka menghindari stres dan membuat suasana hati menjadi lebih stabil.

Tubuh menjadi fleksibel

Alasan mengapa latihan tidak boleh diabaikan selama kehamilan selanjutnya adalah untuk membuat tubuh menjadi lebih fleksibel sehingga bisa meregang dengan baik. Tubuh yang meregang dengan baik akan memudahkan anda mengatasi berbagai gejala kehamilan terutama pada bagian perut dan punggung. Selain itu, apabila tubuh anda bisa meregang dengan baik dan rileks, proses persalinan akan lebih mudah dilalui tanpa rasa sakit yang berarti.

Memperlancar persalinan

Manfaat ini sudah disebutkan sebelumnya karena berbagai jenis latihan seperti peregangan, berenang atau jalan kaki dapat memperkuat otot-otot di bagian panggul sehingga akan sangat bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit, membantu menguatkan stamina dan menjaga agar tubuh tetap berenergi.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.