9 Tips Membebaskan Diri Dari Stres saat Menjadi Ibu

9 Tips Membebaskan Diri Dari Stres saat Menjadi Ibu

stressKetika anda menjadi seorang ibu, ini adalah posisi paling menantang namun juga paling menyenangkan. Setiap ibu akan melalui banyak hal dan berbagai situasi akan mengujinya. Menjadi seorang ibu merupakan bagian dari hidup ini yang sangat luar biasa dan pengaruhnya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Dengan semua pengorbanan yang anda buat selama 9 bulan untuk mengandung dan melahirkan, menjadi seorang ibu mendidik anak-anak tidak kalah beratnya dibandingkan dengan melahirkan. Jika anda merasa stres saat melakukan tugas anda sebagai seorang ibu dalam merawat anak, menjaga rumah tangga, bekerja dan lain-lain, ada baiknya anda mulai mencoba beberapa tips berikut ini untuk membebaskan diri dari stres saat menjadi ibu.

Tips pertama

Tidak hanya orang di sekitar anda maupun lingkungan anda yang penting, namun anda juga penting. Menjaga kesehatan anda sangat penting agar anda tetap bisa menjalankan berbagai tugas sehari-hari mulai dari menjaga anak, menjadi diri sendiri, menjaga rumah tangga, bekerja, dan lain-lain. Anda tidak bisa melakukan segalanya sendirian dan ada juga membutuhkan waktu untuk beristirahat serta bersantai.

Tips kedua

Anda harus mengetahui apa saja yang harus diprioritaskan pada saat-saat tertentu. Tentu saja anak merupakan prioritas nomor satu. Namun anda juga tidak boleh melupakan yang lain seperti suami, rumah dan karir anda.

Pandai-pandailah membagi waktu untuk mendampingi anak belajar, kapan saatnya bekerja, kapan harus mengurus suami dan begitu juga dengan rumah yang harus mendapatkan perhatian.

Tips ketiga

Anda tidak boleh terlalu lelah sehingga dianjurkan untuk beristirahat apabila tubuh anda membutuhkannya. Pada malam hari, tidurlah lebih awal dan hindari semua hal yang dapat mengganggu. Karena dengan beristirahatlah kita bisa melakukan aktivitas dengan energik pada keesokan harinya.

Baca Juga:  10 Penyakit yang Terkait dengan Kehamilan

Tips keempat

Jangan sering melakukan multitasking. Sebisa mungkin hindarilah multitasking karena ini merupakan salah satu penyebab kita mudah lelah dan mengalami penurunan kemampuan otak.

Tips kelima

Pastikan segala sesuatunya terorganisir dan terencana. Jika anda sulit mengingat segala sesuatunya, pastikan anda memiliki catatan, entah itu di buku maupun di smartphone anda. Gunakan beberapa aplikasi yang bisa membantu mengingat dan memberitahu untuk memudahkan segala sesuatunya.

Tips keenam

Anda harus merencanakan apa saja yang akan anda lakukan hari ini, pada keesokan harinya atau bahkan seminggu kedepan. Dengan begitu, anda bisa lebih berkonsentrasi pada pekerjaan anda atau pada apapun yang anda kerjakan saat itu.

Tips ketujuh

Tips membebaskan diri dari stres selanjutnya adalah, anda tidak harus menuruti semua keinginan anak. Ada saatnya anda harus berkata tidak. Pada saat mereka masih anak-anak, mereka cenderung tidak mengetahui apa pun yang terbaik bagi mereka sehingga peran serta orang tua dalam mengarahkan dan mendidik anak sangat dibutuhkan.

Berkata tidak, tidak selalu berdampak negatif namun banyak juga sisi positifnya. Dan berkata tidak terkadang tidak mematikan kreatifitas justru sebaliknya dapat membangkitkan kreativitas sehingga mereka akan mencoba mencari jalan lain atau melakukan hal-hal lainnya sendiri.

Tips kedelapan

Apabila anak memiliki banyak keinginan dan permintaan, pastikan anda memikirkannya terlebih dahulu sebelum menyetujuinya. Berikan diri anda waktu untuk berpikir sebelum memutuskan karena hal tersebut mungkin saja berpengaruh dalam jangka panjang.

Tips kesembilan

Pada saat anda bersama anak-anak, kemungkinan besar satu rencana saja tidak cukup. Oleh karena itu, anda harus menyiapkan rencana B, C dan D. Ini adalah cara lain untuk membebaskan diri dari stres.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.