9 Produk yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

9 Produk yang Harus Dihindari Selama Kehamilan- Tahukah anda bahwa mengaplikasikan cream atau lotion pada kulit bisa membuat berbagai masalah selama kehamilan.krim maupun lotion yang diaplikasikan pada kulit kita bisa menyerap ke dalam tubuh dan terbawa oleh darah hingga masuk ke dalam bayi. Jadi, sangat penting untuk mengetahui beberapa krim yang berbahaya dan tidak dianjurkan selama kehamilan.

095843_kosmetik460ts

Beberapa krim steroid yang dimanfaatkan untuk obat jerawat juga bisa masuk ke dalam sirkulasi darah dan menyebabkan efek berbahaya pada organ tubuh seperti ginjal.

Kehamilan adalah saat dimana anda harus extra hati-hati dalam menggunakan segala sesuatu, baik itu yang dikonsumsi maupun yang diterapkan secara eksternal. Banyak krim, obat-obatan dan shampo yang diterapkan pada kulit kemudian diserap oleh tubuh dan masuk ke aliran darah. Beberapa bahan kimia berbahaya yang ada pada produk tersebut biasanya akan secara bebas masuk melalui plasenta dan mempengaruhi janin.

Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan beberapa bahaya pada bayi dan berikut adalah beberapa diantaranya yang harus anda hindari.

A.      Skin whitening

Skin whitening atau skin lightening biasanya banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk bayi. Produk-produk yang mengandung hidroquinon yang sering digunakan menghapus pigmentasi pada kulit dan mencerahkan kulit adalah produk-produk yang berbahaya dan sebaiknya dihindari selama kehamilan.

B.       Hair removal

Pastikan anda menghindari semua hair removal selama kehamilan karena banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk bayi.

C.      Produk yang mengandung asam salisilat

Semua produk yang mengandung asam salisilat harus dihindari. Biasanya produk ini digunakan untuk mengobati infeksi kulit. Penggunaan secara berlebihan dapat menyebabkan bayi cacat lahir.

D.      Produk perawatan kulit yang mengandung retinoid

Produk perawatan kulit yang mengandung retinoid dan biasanya digunakan untuk anti-aging adakah bentuk vitamin A dosis tinggi yang dapat menyebabkan efek berbahaya bagi janin di dalam rahim.

Baca Juga:  6 Waktu Dimana Anda Harus Menelpon Bidan atau Dokter

E.       Krim untuk stretch mark

Sebenarnya stretchmark tidak bisa dihilangkan bahkan apabila anda menerapkan krim dalam jumlah yang banyak.Stretch mark akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan namun dalam waktu yang sangat lama.

Penggunaan krim streach mark selama kehamilan sangat tidak aman dan sebaiknya dihindari.

F.       Shampoo anti ketombe

Beberapa shampoo ssering dimanfaatkan untuk mengobati beberapa masalah kulit kepala seperti ketombe, jamur serta infeksi. Selama kehamilan, beberapa produk seperti shampoo anti ketombe tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Biasanya,shampo tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya dan bisa masuk ke dalam aliran darah melalui kulit kepala.

G.      Parfum dan deodoran

Beberapa parfum yang mengandung alkohol serta bahan kimia yang bisa masuk ke dalam kulit, termasuk juga deodorant sangat tidak dianjurkan apabila digunakan selama kehamilan.

Pada saat hamil biasanya wanita memang cenderung untuk berkeringat lebih banyak dan menghasilkan bau badan yang tidak sedap. Akan tetapi, mengatasinya dengan menggunakan deodoran atau parfum benar-benar tidak dianjurkan.

H.      Kosmetik yang sebaiknya dihindari

Apabila anda ingin menggunakan make-up, gunakanlah kosmetik yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Hindari kosmetik yang mengandung pewarna buatan dan paraben karena dapat membahayakan kehamilan.

I.         Tabir surya

Apabila anda membutuhkan tabir surya, gunakanlah yang mengandung zink oxide karena produk tersebut cenderung aman digunakan selama kehamilan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.