9 Obat Alami untuk Mengatasi Pigmentasi Kulit pada Saat Hamil

9 Obat Alami untuk Mengatasi Pigmentasi Kulit pada Saat Hamil

ibu-hamil-140204bSelama kehamilan, sangat umum bagi wanita mengalami beberapa masalah yang berkaitan dengan kulit. Diantara masalah kulit tersebut adalah mata panda, bibir menjadi kering dan pecah-pecah, kulit ruam dan gatal, kulit kering, berjerawat dan lain-lain.

Namun masalah kehamilan tersebut akan berangsur-angsur pulih setelah wanita melahirkan. Namun tidak perlu menunggu sampai melahirkan untuk bisa mengatasi berbagai masalah kulit yang ada terutama akibat pigmentasi. Masalah kulit ini bisa jadi merupakan masalah turunan. Karena apabila ibu anda memiliki masalah kulit pada saat hamil, kemungkinan besar anda pun akan mengalaminya.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan dan aman untuk mengatasi pigmentasi kulit pada saat hamil diantaranya adalah,

1.        Air lemon dan kunyit

Salah satu obat alami terbaik untuk mengatasi pigmentasi adalah dengan menggunakan air lemon yang dicampurkan dengan kunyit. Setelah itu anda bisa menerapkannya pada daerah yang terkena masalah kulit kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dicuci dengan air dingin.

2.        Kacang almond dan kunyit

Solusi lain yang juga cukup baik serta aman digunakan oleh ibu hamil untuk mengatasi masalah kulit adalah dengan menggunakan kacang almond yang digiling atau dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan kunyit yang sudah dihaluskan. Campuran kedua bahan tersebut di dalam mangkok kemudian terapkan pada kulit yang berbintik-bintik.

3.        Yoghurt

Obat alami lainnya yang tidak sulit ditemukan adalah yoghurt. Makanan yang sedikit masam dan memiliki banyak manfaat ini bisa digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik gelap di wajah. Cara memanfaatkannya, oleskan sedikit diukur dengan menggunakan ujung jari di tempat kulit yang berwarna gelap kemudian biarkan selama kurang lebih 20 menit sebelum dicuci.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Bayi Kehilangan Berat Badan Pada Saat Tumbuh Gigi

4.        Bubuk daun pepaya

Jika anda memiliki waktu banyak, anda bisa mengeringkan daun pepaya kemudian giling hingga halus. Setelah itu tambahkan tanaman lidah buaya kemudian bubuk mawar, bubuk kunyit dan malta mimiti. Masukkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam mangkok yang sudah berisi susu.

Aduk hingga rata kemudian terapkan di kulit yang bermasalah.

5.        Lidah buaya

Gel tanaman lidah buaya yang tidak dicampurkan dengan apapun juga memiliki efek yang sangat baik dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Tidak terkecuali pigmentasi akibat kehamilan. Anda bisa menerapkan setiap hari gel lidah buaya di kulit yang bermasalah untuk segera mendapatkan hasilnya.

6.        Bawang merah

Solusi terbaik tanaman untuk mengatasi pigmentasi kehamilan adalah dengan menggunakan bawang merah. Cara memanfaatkannya, ambil beberapa bawang merah kemudian iris lalu gunakan untuk menggosok-gosok langsung di kulit yang memiliki masalah.

7.        Mentimun

Sejak dahulu mentimun memiliki banyak manfaat dan sudah cukup terkenal dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Tidak terkecuali masalah kulit pada saat hamil, mentimun juga bisa diandalkan untuk mengatasinya. Mentimun yang sudah dihancurkan atau dijadikan lembut bisa dioleskan di kulit untuk menghapus pigmentasi, serta untuk mengobati berbagai bekas luka.

8.        Air kelapa

Kelapa muda memiliki kekuatan magis yang dapat membantu meringankan gejala pigmentasi kulit. Cobalah mengusapkan air kelapa pada kulit yang memiliki noda dengan bantuan kapas lalu biarkan mengering selama kurang lebih 20 menit kemudian cuci dengan air hangat.

9.        Susu dan madu

Cara lain yang tidak kalah mudahnya untuk mengatasi pigmentasi kulit pada saat hamil adalah dengan menggunakan campuran susu dan madu. Oleskan campuran susu dan madu tersebut pada kulit yang bermasalah untuk mengurangi pigmentasi secara rutin.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.