9 Latihan Terbaik untuk Wanita yang Ingin Melahirkan Secara Normal

9 Latihan Terbaik untuk Wanita yang Ingin Melahirkan Secara Normal- Sangat penting bagi setiap wanita untuk melakukan latihan apabila mereka merencanakan persalinan normal, terutama untuk mempercepat proses dan mengurangi rasa sakit.Seperti yang kita tahu bahwa hari-hari saat melahirkan adalah hari paling ditunggu dan paling ditakuti oleh setiap wanita hamil.

Macam Gerakan Senam untuk Ibu Hamil agar Bayi Tidak Sungsang

Namun, dalam kasus seorang wanita yang secara rutin melakukan latihan atau olahraga sebelum melahirkan, biasanya prosesnya akan menjadi lebih mudah dan tidak terlalu menyakitkan.

Latihan-latihan tersebut biasanya membantu melebarkan tulang panggul dan membantu menguatkan tubuh sehingga proses persalinan lebih mudah dijalani. Dan yang lebih penting, setiap wanita harus tahu bahwa tidak ada yang bisa memprediksi nyeri persalinan dan progress dilatasi selama melahirkan.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap wanita untuk melakukan olahraga atau latihan sebelum melahirkan dalam rangka mempersiapkan diri baik secara mental maupun fisik. Dan berikut ada beberapa latihan yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk membantu memperlancar persalinan normal.

A.      Berjalan dan ngobrol

Jalan kaki sangat penting dilakukan selama kehamilan.Setidaknya luangkan waktu anda 30 menit untuk berjalan-jalan, misalnya jalan normal atau jalan cepat. Jika anda merasa kegiatan tersebut tidak menarik, anda bisa meminta pasangan anda untuk menemani anda jalan-jalan di pagi hari atau sore hari sambil ngobrol.

B.       Mengepel lantai

Siapa bilang pekerjaan rumah tangga yang satu ini tidak memberikan dampak positif bagi kesehatan ibu dan ternyata bisa membantu memperluas tulang panggul. Mengepel lantai dengan posisi berjongkok ternyata bisa membantu. Namun pastikan anda tetap aman serta terhindar dari berbagai kimia yang anda gunakan untuk mengepel lantai.

C.      Memasak

Kegiatan memasak juga harus menjadi bagian dari latihan anda. Selain memasak memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, anda juga bisa menentukan menu masakan sendiri yang paling cocok dikonsumsi pada trisemester ketiga kehamilan untuk membantu memperlancar pencernaan.Karena pada bulan-bulan tersebut biasanya seorang ibu hamil sering mengalami sembelit.

Baca Juga:  Efek Diabetes Pada Ibu Hamil Terhadap Bayi di Dalam Kandungan

D.      Bersila dan meditasi

Beberapa orang melakukan yoga untuk membantu merilekskan tubuh mereka. Anda bisa melakukannya dengan posisi duduk bersila dan kemudian bermeditasi atau menenangkan diri untuk membuat tubuh anda lebih santai.

E.       Membungkuk sedikit

Membungkuk di meja atau di bangku untuk membantu bayi bergeser pada posisi persalinan normal juga sebaiknya dilakukan agar terhindar dari bayi lahir sungsang.

F.       Lakukan sedikit peregangan

Latihan peregangan juga bisa mengurangi rasa sakit dan membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

G.      Posisi kaki kupu-kupu

Duduk dengan gaya kupu-kupu, yaitu merentangkan kaki kemudian melipatnya sehingga kedua telapak kaki bertemu di depan anda. Duduk dalam posisi ini bisa membantu memperkuat tulang panggul.

H.      Berenang

Berenang merupakan latihan terbaik dan paling aman untuk ibu hamil. Anda juga bisa memberikan kesempatan pada tubuh untuk melakukan peregangan. Selain itu, berenang juga bisa menghilangkan stres, membantu tubuh tetap terhidrasi sehingga terhindar dari kram otot, dan berenang juga bisa membantu mempermudah persalinan.

I.         Membengkokkan tubuh

Membengkokkan tubuh ke arah depan dan samping untuk menyentuh kaki akan memberikan anda keajaiban dalam mengurangi tekanan dan dapat membantu memperluas tulang panggul serta membuatnya menjadi lebih fleksibel.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.