9 Keuntungan Mengkonsumsi Semangka saat Hamil

9 Keuntungan Mengkonsumsi Semangka saat Hamil- Tahukah anda salah satu buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah semangka. Semangka banyak mengandung air dan berbagai vitamin seperti, vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin A. Buah tersebut juga banyak mengandung kalium dan magnesium yang baik untuk jantung dan perut.

041775000_1441591157-20150903-Trik_Unik_Mengupas_Kulit_Semangka-London

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi semangka terutama pada saat hamil. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air ini akan membantu kita mengatasi sembelit, mengurangi pembengkakan pada tangan dan kaki, meredakan morning sickness serta bermanfaat juga untuk menurunkan tekanan darah. Bagi beberapa wanita, secara rutin mengkonsumsi semangka akan membantu mereka meningkatkan kadar gula darah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 10 manfaat atau keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah semangka selama kehamilan.

A.      Meringankan mulas dan keasaman

Apabila anda mengalami keasaman atau mulas selama kehamilan, semangka bisa mencegah hal tersebut. Mengkonsumsi semangka akan mengurangi gejala refluks asam yang menyebabkan rasa mulas dan efeknya akan menenangkan perut serta melancarkan pencernaan.

B.       Meredakan morning sickness

Mengkonsumsi jus semangka setiap pagi akan meredakan mual dan muntah-muntah. Tentu saja hal ini merupakan kabar baik mengingat semangka memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

C.      Mengurangi pembengkakan

Pada saat wanita hamil, kehamilan tersebut menyebabkan aliran darah sering terhambat sehingga terjadi pembengkakan pada tangan dan kaki. Untuk mengurangi pembengkakan tersebut, anda bisa secara rutin mengkonsumsi semangka. Ini merupakan solusi alami yang paling tepat disamping banyaknya manfaat yang didapatkan.

D.      Mencegah pigmentasi

Pigmentasi pada kulit merupakan gejala umum yang sangat sering dialami oleh ibu hamil untuk mengurangi gejala tersebut, anda secara rutin boleh mengkonsumsi semangka. Dengan begitu, berbagai racun yang ada di dalam tubuh anda dan berbagai masalah kulit bisa diatasi termasuk juga stretch mark.

E.       Mencegah dehidrasi

Dehidrasi tidak boleh dialami oleh wanita hamil karena bisa menyebabkan kontraksi awal pada rahim sehingga memancing kelahiran prematur. Secara rutin mengkonsumsi semangka setiap hari akan membantu memasukkan air kedalam tubuh sehingga cairan dan vitamin tersebut akan membuat tubuh selalu terhidrasi.

Baca Juga:  Pengaruh Hormon Tiroid Selama Kehamilan

F.       Mengatasi sembelit

Selain dengan banyak minum air putih, sembelit juga biasa diatasi dengan menggunakan buah semangka. Karena buah ini juga bisa membantu memperlancar gerakan usus serta membersihkan sistem pencernaan.

G.      Mengurangi kram otot

Dalam kehamilan, perubahan hormon menyebabkan kram otot dan nyeri pada tulang menjadi lebih berat. Untuk mengurangi gejala-gejala tersebut, semangka yang kaya akan kalium dan magnesium bisa secara efektif mengatasi masalah ini.

H.      Mengatasi infeksi saluran kemih

Pada awal-awal kehamilan beberapa wanita ada yang mengalami infeksi saluran kemih. Karena mereka tidak dianjurkan mengkonsumsi obat-obatan, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi semangka. Semangka akan membantu menghilangkan bakteri dari saluran kemih dan mengobati penyakit infeksi tersebut.

I.         Gatal-gatal pada kulit

Kulit yang gatal pada ibu hamil biasanya disebabkan karena kulit kering. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi semangka kulit akan tetap terhidrasi dan lembab sehingga gatal-gatal bisa dicegah. Ini adalah keuntungan mengkonsumsi semangka selama kehamilan yang tidak boleh dilupakan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.