9 Cara Tidur Paling Baik Selama Hamil

9 Cara Tidur Paling Baik Selama Hamil

hamil-dan-tidurTidur memainkan peranan penting selama kehamilan dan akan sangat berpengaruh terhadap kondisi ibu maupun bayi didalam kandungan. Tidur saat hamil membantu perkembangan janin untuk tumbuh lebih baik dan lebih sehat.

Sebaliknya, kekurangan tidur pada saat hamil dapat menyebabkan depresi pada ibu, sehingga hormon kortisol bisa dirilis oleh tubuh dan menyebabkan berbagai masalah yang membahayakan bayi di dalam rahim.

Ada beberapa posisi tidur terbaik dan yang paling aman untuk ibu hamil. Dalam kehamilan, tubuh anda sudah pasti mengalami banyak perubahan dan semuanya biasanya mengganggu ketenangan tidur anda dan membuat anda susah mendapatkan tidur yang nyenyak. Beberapa gejala seperti sesak nafas, nyeri pada punggung atau sakit punggung, sakit pinggang, pembengkakan pada hati, pembengkakan pada kaki dan tangan, serta ukuran perut yang terus membesar membuat anda kesulitan tidur.

Secara teratur anda bisa mengubah posisi tidur dan carilah posisi yang paling nyaman. Anda juga bisa memanfaatkan bantal untuk membantu mengganjal perut dan meringankan beban terutama pada trisemester ketiga kehamilan.

Berikut adalah beberapa tips menarik yang bisa anda ikuti untuk membantu agar anda bisa tidur dengan nyaman selama kehamilan.

Tips pertama

Tidur dengan miring ke kiri adalah yang terbaik. Tidak hanya untuk ibu hamil melainkan juga untuk mereka yang tidak hamil. Tidur ke kiri dikatakan aman karena dapat meningkatkan sirkulasi darah, melindungi hati dan ginjal serta perut anda. Ini merupakan posisi tidur yang paling aman selama kehamilan.

Tips Kedua

Posisi tidur terlentang akan menyebabkan penurunan tekanan darah dan dapat menyebabkan pingsan. Posisi ini akan menyebabkan rahim menekan tulang belakang, punggung dan bahkan usus. Masalah yang bisa muncul apabila tidur terlentang dilakukan oleh ibu hamil diantaranya adalah, otot tertekan, penurunan sirkulasi darah, kram dan bahkan dapat menyebabkan wasir.

Baca Juga:  8 Cara Mengurangi Pembengkakan Selama Kehamilan

Tips ketiga

Hindarilah tidur dengan menekan perut karena dapat membahayakan bayi anda. Jadi, hindarilah posisi ini sebisa mungkin.

Tips keempat

Perhatikan posisi tidur yang nyaman dan cobalah untuk tidur dengan menggunakan bantal di bawah perut karena dapat membantu mengurangi sakit punggung dan dapat membantu mengendurkan otot punggung.

Tips kelima

Untuk membantu agar anda bisa bernapas dengan lebih baik, dianjurkan tidur dengan miring ke kiri karena refluks asam dan sesak napas bisa diatasi dengan cara tersebut anda juga bisa meletakkan bantal di sisi tubuh anda dan sedikit mengangkat bagian dada.

Tips keenam

Anda bisa meletakkan bantal disisi kepala anda untuk membuat letak kepala lebih tinggi karena dapat mengurangi refluks asam.

Tips ketujuh

Kram pada kaki adalah masalah yang paling umum dihadapi ibu hamil. Dan, jika anda sering terbangun pada malam hari karena kram pada kaki, anda bisa menggantung sedikit kaki anda pada saat tidur untuk menghindarinya. Anda bisa menambahkan bantal diantara kaki untuk membantu mengurangi gejala tersebut.

Tips kedelapan

Tidurlah dimanapun yang ada rasa nyaman. Terkadang tidur di sofa atau di lantai juga dirasa nyaman. Selamat tidak membahayakan, anda bebas tidur di mana saja dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan apabila anda senang tidur di lantai.

Tips kesembilan

Pada saat ibu hamil, anda bisa mencari bantal-bantal yang berukuran panjang karena bisa membantu mendukung bagian punggung dan perut serta bisa diletakkan di bawah lutut atau di sela-sela kaki. Bantal-bantal panjang yang kita sebut guling juga baik digunakan selama kehamilan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.