9 Bahaya Mengkonsumsi Penyedap rasa Selama Kehamilan

9 Bahaya Mengkonsumsi Penyedap rasa Selama Kehamilan – Penyedap Rasa sudah sejak lama disorot sebagai salah satu bumbu yang tidak dianjurkan untuk digunakan. Khususnya untuk ibu hamil karena ada berbagai penelitian yang telah menunjukkan bahwa Penyedap rasa terbuat dari bahan aktif MSG atau monosodium glutamate. MSG tersebut adalah penyedap rasa yang akan membuat masakan menjadi lezat.

msg-micin2-131017c

Meskipun tidak berbahaya untuk semua orang, namun Penyedap rasa tidak baik untuk ibu hamil. Salah satu alasan mengapa penyedap rasa ini sebaiknya dihindari adalah karena dapat menyebabkan alergi.

Selain itu,Penyedap rasa dan MSG juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang parah seperti sakit kepala, stroke, kanker dan lain-lain bagi laki-laki maupun wanita. Khusus untuk ibu hamil, tindakan pencegahan ekstra sangat diperlukan agar tidak membahayakan ibu maupun janin di dalam rahim.

Ada beberapa efek samping dari mengkonsumsi Penyedap rasa selama kehamilan yang harus anda tahu diantaranya adalah,

A.      Merusak perkembangan otak janin

Mengkonsumsi Penyedap rasa selama kehamilan dapat menyebabkan degenerasi sel-sel otak atau mengganggu perkembangan otak pada janin.Lebih parah lagi penyedap rasa ini bisa menyebabkan kerusakan otak.

B.       Menyebabkan masalah jantung

Asupan MSG dalam jumlah yang tidak diatur atau apabila kelebihan dapat menyebabkan sakit yang parah pada dada, tekanan darah tinggi,dan menyebabkan denyut nadi menjadi sangat cepat. Ini berhubungan dengan kesehatan jantung dan seseorang yang mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dapat mengalami serangan jantung sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi terutama oleh ibu hamil.

C.      Tingkat glutamat yang berlebihan

MSG juga biasanya mengandung glutamat. Apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa sangat berbahaya bagi sistem saraf kita.

D.      Menyebabkan saraf terganggu

Penyedap rasa mengandung MSG yang bahan-bahannya dapat merangsang neurotransmiter. Apabila dikonsumsi berlebihan,Penyedap rasa menyebabkan stimulasi sistem saraf yang kemudian berakibat pada ketidakseimbangan neurotransmitter. Pada gilirannya masalah ini akan menyebabkan efek buruk pada tubuh seseorang.

Baca Juga:  Infeksi Pada Ibu yang Berbahaya Bagi Janin Selama Kehamilan

E.       Menyebabkan kemandulan

Efek lain dari Penyedap rasa, terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan sterilisasi atau kemandulan.

F.       Menyebabkan penyakit kronis parah

Penyedap rasa dapat memperburuk dan menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti asma, diabetes, tiroid dan alergi menjadi lebih parah.

G.      Kegemukan

Efek lain yang tidak baik dari Penyedap rasa apabila dikonsumsi selama kehamilan adalah, dapat menyebabkan mereka yang mengkonsumsinya mengalami kenaikan berat badan yang signifikan dalam waktu singkat. Bahan-bahan yang ada pada Penyedap rasa dapat menyebabkan efek tertentu pada kelenjar pankreas tubuh manusia sehingga kelenjar tersebut mengeluarkan cairan yang membuat kita merasa lapar sehingga makan secara berlebihan.

H.      Tidak baik untuk mata

Efek selanjutnya dari Penyedap rasa dapat menyebabkan kesehatan mata atau penglihatan kita terganggu karena dapat merusak retina bagian luar. Pada kasus-kasus tertentu, apabila terlalu parah Penyedap rasa juga dapat menyebabkan kebutaan.

I.         Efek samping

Setiap ibu hamil diharuskan berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan-makanan tertentu.Tidak dianjurkan untuk membeli makanan warung-warung yang tidak terjamin kesehatannya.Penyedap rasa bisa memberikan efek samping kepada ibu hamil seperti membuatnya menjadi lemah, dehidrasi, berkeringat secara berlebihan dan mual-mual.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.