8 Masalah Vital yang Menyebabkan Melahirkan Jadi Sulit dan Lambat

8 Masalah Vital yang Menyebabkan Melahirkan Jadi Sulit dan Lambat

bersalin-2Persalinan yang berlangsung dalam waktu lama atau melahirkan yang sangat lambat serta sulit, banyak dialami oleh wanita-wanita dimanapun mereka berada.Tidak hanya pada saat ini melainkan juga sejak zaman dahulu. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan selama kehamilan yang turut serta menjadi biang keladi penyebab sulitnya proses persalinan.

Selain beberapa penyebab fisik, mental juga menjadi salah satu yang sangat berperan dalam proses melahirkan.

Apabila seorang ibu kesulitan untuk melahirkan serta mengalami sisi bersalin yang lama, hal tersebut tidak mengharuskan mereka mengambil langkah lain seperti operasi caesar. Namun yang perlu anda tahu bahwa persalinan normal biasanya akan berlangsung antara 6 hingga 10 jam. Jika anda sudah melewati 10 jam dan tidak ada tanda-tanda bahwa bayi akan lahir, itu artinya bahwa anda mengalami persalinan yang lambat. Selain itu, apabila anda sudah mengalami kontraksi selama 5 hingga 6 jam dan tidak ada air ketuban yang pecah, jalan keluar tidak cukup lebar, dan lain-lain, semuanya menandakan bahwa ibu tersebut berada dalam kesulitan.

Untuk mengetahui beberapa penyebab kesulitan melahirkan, berikut adalah penjelasannya.

  1. Kontraksi yang lemah

Jika kontraksi lemah atau sangat jarang, maka kelahiran atau persalinan cenderung menjadi lambat dan berlarut-larut. Dalam kasus tersebut, langkah untuk mempercepat kontraksi harus diambil.

  1. Kantung kemih yang penuh

Bila kandung kemih anda penuh, maka kontraksi tidak akan datang dengan kuat. Oleh sebab itu, anda harus buang air kecil terlebih dahulu agar proses persalinan bisa lebih cepat.

  1. Salah posisi

Jika anda berbaring terlentang, maka melahirkan akan menjadi sulit dan pergerakannya akan menjadi susah. Sebaliknya, jika anda ingin persalinan cepat, anda harus rajin berjalan-jalan, rajin berjongkok dan melakukan beberapa peregangan sebelum bersalin yang dianjurkan

  1. Bayi sungsang
Baca Juga:  Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Selama Musim Hujan

Kadangkala, kepala bayi tidak berada tepat di leher rahim sehingga proses persalinan akan menjadi lambat. Kasus ini, bisa menyebabkan persalinan berlangsung berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Apabila hal tersebut terjadi, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter dan meminta saran yang terbaik. Apabila anda dianjurkan untuk melakukan operasi caesar, maka anda bisa mengambilnya.

  1. Tidak ada pelebaran serviks

Beberapa wanita memiliki rahim yang sangat sempit dan sulit untuk membuka, sehingga bayi akan kesulitan keluar. Dalam kasus tersebut, apabila berlangsung selama berjam-jam anda mungkin harus dioperasi.

  1. Air ketuban tidak pecah

Air ketuban juga berfungsi untuk membantu memperlancar proses persalinan. Apabila air ketuban tidak pecah, misalnya anda sudah berada di tengah-tengah persalinan selama tiga hingga 4 jam, maka hal tersebut menandakan bahwa persalinan akan sulit.

  1. Bayi terbalik

Kadangkala, bayi bisa merubah posisinya pada menit-menit terakhir. Jika kepala bayi tidak turun atau bayi ternyata menghadap kearah yang salah misalnya menghadap ke belakang, maka hal tersebut dapat menyebabkan proses persalinan atau melahirkan menjadi sulit dan lambat.

  1. Epidural

Dalam beberapa kasus penggunaan epidural terkadang dapat memberikan masalah. Epidural memang bisa membantu mengurangi rasa sakit, ketika akan tetapi cenderung memperlambat proses melahirkan. Ini merupakan masalah vital lainnya yang dapat menyebabkan persalinan menjadi sangat sulit dan lambat sehingga anda harus mempertimbangkannya.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.