8 Hal di Lingkungan Kita yang Tidak Aman untuk Ibu Hamil

8 Hal di Lingkungan Kita yang Tidak Aman untuk Ibu Hamil – Lingkungan bisa memberikan dampak positif maupun negatif terhadap wanita hamil. Ketika seseorang hamil ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mereka merasa gelisah atau tidak tenang dan bahkan dikatakan tidak aman untuk dirinya maupun bayi di dalam kandungan.

kucing

Salah satu hal yang sangat berbahaya untuk ibu hamil dan datang dari lingkungan terutama pada trisemester kedua dan ketiga adalah bahan kimia serta berbagai jenis racun yang bisa dihirup oleh ibu. Berbagai jenis bahan kimia dan racun termasuk polusi udara yang ada pada lingkungan dapat menyebabkan berbagai masalah pada bayi yang belum lahir.

Selama bertahun-tahun telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui berbagai alasan dan berbagai hal yang dapat membahayakan keselamatan ibu hamil maupun bayi didalam kandungannya. Saking berbahayanya, beberapa hal di lingkungan kita dapat menyebabkan keguguran atau dapat menyebabkan komplikasi selama persalinan. Jelasnya, berikut adalah 7 hal di lingkungan kita yang tidak aman untuk ibu hamil.

Hewan

Beberapa hewan memiliki bulu yang sangat tebal dan terkadang mudah rontok. Hewan seperti kucing, anjing maupun yang lainnya apabila bulunya terhirup oleh ibu hal tersebut bisa menyebabkan resiko kehamilan.

Ini merupakan salah satu alasan mengapa ibu hamil dilarang memelihara kucing atau berdekatan dengan kucing karena selain bulunya yang berbahaya, kucing maupun kotorannya bisa menjadi salah satu alasan mengapa wanita terinfeksi bakteri berbahaya.

Asap rokok

Sangat sulit menghindari asap rokok di negara kita di mana tempat-tempat umum seringkali digunakan untuk merokok. Banyak pria merokok di rumah, di pasar bahkan di dalam ruangan yang tertutup. Asap rokok yang dihisap oleh ibu hamil saat menjadi perokok pasif bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kelainan pada bayi, dapat menyebabkan persalinan prematur dan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti asma untuk bayi.

Baca Juga:  Yang Wajib Dilakukan Setelah Menikah dan Sebelum Hamil

Membersihkan furniture

Furniture seringkali mengandung bahan kimia yang berbahaya seperti creosol. Bahan kimia tersebut mudah terserap melalui kulit dan dapat berkontribusi menyebabkan janin bermasalah atau cacat. Apabila anda akan membersihkan furniture, serahkan saja urusan tersebut kepada pembantu atau kepada suami anda.

Bensin

Ada aroma tertentu yang sangat menyengat dan sangat mengganggu. Salah satunya adalah bau bensin. Bensin memiliki bau yang sangat tajam sehingga apabila dihirup dapat menyebabkan kerusakan paru-paru pada janin.

Peralatan dapur

Microwave atau oven merupakan peralatan dapur yang mudah mengalami kebocoran radiasi panas sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan atau masalah pada bayi di dalam kandungan. Ini adalah salah satu hal yang ada di lingkungan kita yang perlu untuk diwaspadai oleh setiap wanita hamil.

Paparan bahan kimia

Ada banyak bahan kimia yang digunakan oleh wanita hamil yang selama ini dan ternyata sangat berbahaya. Bahan kimia hadir di parfum, kosmetik, tanaman, sayuran maupun buah-buahan yang kita konsumsi setiap hari. Tidak hanya itu, bahan kimia juga hadir dalam bentuk asap, larut di air, masih banyak lagi sumbernya yang lain.

Deterjen

Menggunakan deterjen laundry pada saat hamil sebenarnya sangat berbahaya. Detergen mengandung bahan kimia seperti benzena, asam sulfat atau toluene yang apabila masuk kedalam tubuh dapat menimbulkan komplikasi serta dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf bayi.

Cat

Berbagai jenis cat yang memiliki bau tajam biasanya mengandung timbal dan sangat berbahaya apabila terhirup oleh ibu hamil.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.