8 Fakta Menarik Mengenai Bayi di Dalam Rahim

8 Fakta Menarik Mengenai Bayi di Dalam Rahim. Setiap ibu hamil pasti ingin mengetahui perkembangan janin mereka di dalam kandungan (dalam rahim). Beberapa dinatara mereka sering menanyakan sampai dimanakah saat ini pertumbuhan bayi mereka. Mereka juga cenderung penasaran dan ingin mengetahui perkembangan pertumbuhan bayi.

bayi-imut

Ada banyak fakta menarik yang tidak diketahui mengenai perkembangan bayi selama berada di rahim dan setiap minggu kehamilan.Sebenarnya bayi selalu berubah, tumbuh dan berkembang.

Setiap kali anda mengunjungi dokter, kemungkinan besar anda merasa harap-harap cemas mengenai kesejahteraan bayi di dalam kandungan anda. Agar anda tidak terlalu penasaran, berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai bayi yang ada di dalam rahim selama 9 bulan.

A.      Minggu ke-8 kehamilan

Memasuki minggu ke-8 kehamilan, mata bayi dan telinganya mulai tumbuh. Pada umumnya bayi memiliki panjang sekitar 2 cm yang diukur dari ujung kepala hingga pantat. Selain itu, wajahnya juga mulai berkembang walaupun bentuknya belum sempurna.

B.       Minggu ke-12 kehamilan

Pada minggu ini biasanya alat kelamin bayi sudah mulai tumbuh dan berkembang. Kebanyakan, pada minggu ke-12 jenis kelamin bayi bisa diketahui dan dibedakan dalam pemeriksaan atau scan USG.

C.      Minggu ke-12 kehamilan

Masih di minggu ke-12 kehamilan, salah satu fakta menarik mengenai bayi yang juga mungkin ingin anda ketahui adalah, panjang bayi saat ini dari ujung kepala hingga pantat mencapai 5 cm. Tubuhnya sudah mulai terbentuk, termasuk jari-jari dan kuku tangan dan kaki serta telinga juga sudah mulai tumbuh.

D.      Minggu ke-20 kehamilan

Kehamilan biasanya berlangsung selama 40 minggu. Pada minggu ke-20, ini merupakan minggu pertengahan dan panjang bayi juga biasanya sudah mencapai setengah dari panjang lahirnya kelak.

Baca Juga:  Efek Samping pada Kehamilan yang Kedua

Bayi sudah mulai bisa bergerak di dalam rahim pada minggu ke-20. Beberapa perkembangan lain seperti alis dan kuku sudah terlihat semakin baik.

E.       Minggu ke-24 kehamilan

Pada minggu ini, bayi sudah bisa mendengar suara di dalam rahim, termasuk suara sistem pencernaan dan suara detak jantung anda.

Wajah bayi sudah semakin sempurna dan mereka biasanya memiliki kulit yang terlihat tipis serta keriput. Kulit tersebut masih keriput karena belum banyak lemak yang ada di tubuh mereka.pada trisemester ketiga mereka akan mulai menumpuk lemak sehingga kerutan-kerutan tersebut akan menghilang.

F.       Minggu ke-27 kehamilan

Memasuki minggu ke-27, seorang bayi sudah mulai bisa menghirup oksigen menggunakan paru-parunya sendiri.

G.      Minggu ke-28 kehamilan

Memasuki minggu ke-28 kehamilan, beberapa fakta menarik juga biasanya muncul. Salah satunya adalah kemampuan indra penciuman bayi yang sudah mulai bekerja layaknya orang dewasa.

H.      Minggu ke-32 kehamilan

Pada minggu ini, mata bayi sudah bisa membuka. Selain itu, beberapa bayi juga sudah akan mengarahkan kepalanya ke bawah menuju jalan keluar.

Panjang bayi dari ujung kepala hingga pantat biasanya mencapai 35 cm.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.