8 Cara Mengurangi Pembengkakan Selama Kehamilan

8 Cara Mengurangi Pembengkakan Selama Kehamilan

 

janin-gemukEdema atau pembengkakan yang berlebihan adalah kondisi medis akut yang ditandai dengan penumpukan cairan pada jaringan. Ini adalah masalah kesehatan umum yang dialami oleh wanita hamil. Pembengkakan tersebut sering terjadi di pergelangan kaki, kaki, wajah, dan di tangan.

Ada beberapa cara terbaik serta aman untuk mengatasi masalah ini terutama dengan mengurangi konsumsi garam, memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi berbagai makanan sehat terutama dari buah-buahan segar.

Berikut adalah cara mengurangi pembengkakan selama kehamilan yang cukup efektif dan aman untuk ibu hamil.

 

  1. Mengurangi asupan garam

Selama kehamilan sangat dianjurkan kepada setiap wanita untuk mengurangi asupan garam, baik itu yang berasal dari sayur-sayuran yang kita masak di rumah, maupun yang berasal dari makanan-makanan siap saji dan berbagai jenis makanan ringan. Garam dapat menyebabkan tubuh menyimpan air lebih banyak karena garam bisa mengikat air. Ini merupakan salah satu alasan mengapa tubuh kita akan terlihat bengkak saat banyak minum air putih sekaligus banyak mengkonsumsi makanan-makanan asin.

 

  1. Minum banyak air putih

Setelah anda mengurangi asupan garam, selanjutnya anda juga harus secara rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Ini adalah cara lain untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi retensi cairan secara signifikan.

 

  1. Beristirahat

Apabila kita sering berdiri dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut akan membuat kaki lebih mudah bengkak karena beban yang berlebih pada saat hamil. Jadi, jika anda sering berdiri, pastikan anda juga beristirahat dengan duduk di kursi setiap 20 hingga 30 menit. Posisi berdiri menyebabkan gravitasi lebih besar menarik darah menuju kaki sehingga dapat menyebabkan kaki bengkak dan berdenyut.

Baca Juga:  9 Obat Alami untuk Mengatasi Pigmentasi Kulit pada Saat Hamil

 

  1. Hindari cuaca panas

Jika cuaca sangat panas, cobalah untuk tidak keluar ruangan terlalu sering. Sebaliknya, bersantai di tempat yang rindang atau dingin akan membuat anda lebih nyaman dan terhindar dari pembengkakan pada kaki. Panas matahari bisa menyebabkan pembengkakan menjadi lebih buruk. Jadi, pastikan anda berada di tempat yang dingin atau kering pada saat cuaca sangat panas.

 

  1. Kompres kaki selama 10 menit

Gunakan sesuatu yang dingin untuk mengompres kaki anda selama kurang lebih 10 menit. Cara ini bisa membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

 

  1. Latihan ringan

Walaupun ibu hamil resiko mengalami pembengkakan pada kaki, namun mereka tetap dianjurkan untuk berolahraga atau berlatih. Latihan ringan seperti melakukan peregangan dan jalan-jalan bisa membantu anda mengurangi pembengkakan pada kaki.

Anda juga perlu tahu bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk duduk terlalu lama dalam posisi yang sama lebih dari 30 menit.

 

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat. Kemudian carilah sepatu yang bisa meregang sehingga pada saat kaki anda bengkak, kaki tidak akan mengalami lecet pada saat menggunakan sepatu. Selain menggunakan sepatu, anda juga dianjurkan menggunakan sandal karena cenderung aman dan nyaman saat digunakan.

 

  1. Konsumsi makanan sehat

Cara terakhir untuk mengurangi pembengkakan pada kaki selama kehamilan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang terdiri atas buah-buahan dan sayuran. Makanan yang banyak mengandung kalium cenderung bisa membantu mengurangi gejala edema atau pembengkakan selama kehamilan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.