8 Cara Mempercepat Proses Persalinan

8 Cara Mempercepat Proses Persalinan

persalinan-3Jika anda mengharapkan proses persalinan yang super cepat layaknya seperti apa yang anda lihat di film-film, maka hal tersebut merupakan sesuatu yang mustahil. Anda harus menyadari dalam realitanya, melahirkan akan berlangsung selama kurang lebih enam hingga 12 jam yang dimulai dari kontraksi hingga proses persalinan selesai. Jika ini adalah persalinan pertama anda, maka kemungkinan besar persalinan tersebut bisa berlangsung hingga 24 jam. Namun sebelum anda mempertimbangkan operasi caesar sebagai jalan keluar untuk menghindari rasa sakit selama persalinan normal, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Setiap proses persalinan melalui empat tahapan dimulai dari kontraksi kemudian pembukaan, bersalin dan nifas.

Bagi anda yang ingin agar proses persalinan bisa berjalan lancar dan mudah, pada beberapa tips menarik yang harus anda ikuti berikut adalah beberapa cara untuk mempercepat proses persalinan tersebut.

  1. Berjalan

Dibandingkan hanya duduk diam atau berbaring, berjalan-jalan bisa membantu mempercepat proses persalinan karena adanya gaya gravitasi yang akan membantu bayi turun dengan lebih cepat. Sebaliknya, berbaring dengan telentang atau duduk sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan wanita sulit untuk melahirkan.

  1. Kosongkan kandung kemih

Jangan lupa untuk pergi buang air kecil terlebih dahulu sebelum anda memasuki proses persalinan. Sangat penting untuk mengosongkan kandung kemih karena ini akan mempermudah dan mempercepat proses.

  1. Metode water birth

Metode bersalin dengan bantuan air atau berendam di dalam air saat ini belum dilegalkan di negara kita. Namun cara ini sangat efektif membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses persalinan.

  1. Menggunakan gel untuk melebarkan

Melebarkan pembukaan rahim dengan bantuan gel lebar yang dimasukkan ke dalam rahim biasanya akan mempercepat proses persalinan.

  1. Memecahkan air ketuban
Baca Juga:  9 Produk yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Beberapa wanita mengalami persalinan yang sulit bahkan setelah 3 atau 4 jam air ketuban mereka tidak pecah. Hal tersebut kemudian menyebabkan proses persalinan menjadi lambat dan sulit.Untuk mempermudahnya dokter bisa membantu dengan memecahkan air ketuban sehingga proses persalinan menjadi lebih cepat.

  1. Menekuk lutut

Jika bayi anda tidak dalam posisi yang benar pada saat bersalin, maka hal tersebut akan menyebabkan bayi kesulitan keluar dan persalinan menjadi lebih lambat atau berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Agar bayi bisa merubah posisinya dan mengetahui jalan keluar yang tepat, anda bisa menekuk lutut anda karena posisi ini bisa membantu mendorong bayi dan membantunya menemukan posisi yang tepat.

  1. Hindari epidural

Epidural adalah salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan. Akan tetapi, obat tersebut memiliki efek samping yaitu membuat persalinan menjadi lebih lama. Apabila anda ingin prosesnya lebih cepat, epidural sebaiknya tidak digunakan.

  1. Berhubungan intim dengan pasangan

Apabila anda merasakan kontraksi, yang secara kontinyu terjadi, anda bisa melakukan hubungan intim dengan pasangan untuk membantu mempercepat proses persalinan karena dengan adanya lubrikasi pada vagina menyebabkan bayi lebih mudah keluar. Ini adalah cara lain untuk mempercepat proses persalinan yang harus anda coba.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.