7 Tips Merawat Kesehatan Setelah Keguguran

7 Tips Merawat Kesehatan Setelah Keguguran- Menjadi seorang ibu merupakan kebahagiaan setiap wanita. Dan tentunya, tanpa anak mereka masih merasa belum lengkap. Sebagian besar wanita bermimpi menjadi seorang ibu, melahirkan anak adalah pengalaman yang sangat luar biasa dan tidak ingin dilewatkan oleh sebagian besar wanita.

4-cara-jitu-jaga-kehamilan-setelah-keguguran

Namun, kadangkala, sesuatu hal yang buruk bisa saja terjadi dan sulit untuk dihindari. Kehilangan bayi saat hamil karena keguguran adalah mimpi buruk yang tidak semua orang menginginkannya. Keguguran menyebabkan wanita merasa sangat kecewa, marah dan bahkan depresi. Namun, dengan melakukan pemeriksaan, menjaga kesehatan dan menjalani gaya hidup sehat, semua itu bisa dihindari.Namun apabila sudah terjadi, anda harus tetap move on dan menjaga kesehatan setelah keguguran adalah bagian penting untuk mempersiapkan diri sebelum kehamilan berikutnya.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk menjaga kesehatan setelah keguguran.

A.      Menghadapi situasi

Semua orang tahu dan memahami bahwa menghadapi situasi yang sulit setelah keguguran memang tidak mudah. Namun apapun yang sudah terjadi, hal tersebut tidak bisa diubah. Daripada memandang ke belakang, sebaiknya anda melihat ke depan dan mempersiapkan diri serta mengetahui bagaimana caranya agar bisa hamil tanpa keguguran.

Alih-alih menyesali dan menangis pada saat menghadapi keguguran, anda lebih dianjurkan untuk mempersiapkan tubuh agar memiliki kesempatan hamil yang lebih sehat.

B.       Beristirahat

Seorang wanita juga dianjurkan untuk beristirahat total selama 24 jam kedepan setelah keguguran. Hal ini sangat penting untuk dilakukan dalam rangka merawat tubuh.

Mengukur suhu tubuh selama 5 hari kedepan juga sangat penting. Selain itu, melakukan sesuatu untuk meminimalkan atau mengurangi pendarahan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter harus anda lakukan.

Baca Juga:  Penyebab Menurunnya Libido Selama Kehamilan

C.      Tidak melakukan hubungan seksual untuk beberapa minggu

Jika anda keguguran, usahakan untuk menghindari hubungan seksual setidaknya hingga dua minggu agar tubuh anda benar-benar pulih dari masalah keguguran.

Bagi seorang pria, mereka juga harus memahami kondisi istrinya dimana biasanya istri sangat tertekan secara fisik maupun mental sehingga tidak boleh memaksakan hubungan intim pada masa recovery.

D.      Menghabiskan waktu dengan keluarga

Tips selanjutnya merawat kesehatan setelah keguguran adalah menghabiskan waktu bersama keluarga. Pasca keguguran biasanya seorang ibu merasa sangat malu terlebih jika dia sudah sempat mengumumkan kehamilannya. Akan tetapi, berkumpul bersama keluarga akan memberikan banyak keuntungan. Karena merekalah yang akan menjaga dan memberikan kekuatan untuk anda dalam menghadapi semua duka tersebut.

E.       Hindari pekerjaan berat

Keguguran menyebabkan tekanan besar pada pikiran dan tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan kepada setiap wanita yang mengalami keguguran untuk berhenti sejenak dari kegiatan fisik yang menguras tenaga secara berlebihan karena hal tersebut dapat mengakibatkan pendarahan dan beberapa masalah lainnya.Sehingga, dianjurkan untuk tidak sering membungkuk kedepan dan mengangkat beban-beban berat.

F.       Berbagi dengan suami

Apapun yang anda rasakan, baik emosi, kesedihan dan lain-lain harus anda bagikan dengan suami karena dia adalah salah satu tempat di mana anda bisa berkeluh kesah tanpa jaim.

G.      Merencanakan kehamilan

Merencanakan kehamilan adalah cara lain merawat kesehatan setelah keguguran. Karena dengan merencanakan kehamilan anda akan memiliki semangat baru. Selain itu, keguruan yang telah anda alami seharusnya menjadi pelajaran terbaik agar terlebih dahulu memeriksakan kondisi kesehatan sebelum hamil.Dengan begitu anda akan mengetahui apa saja yang menyebabkan keguguran bisa terjadi. Selain itu, ada juga memiliki kesempatan untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang kaya vitamin dan nutrisi.Sehingga, anak yang akan anda kandung akan menjadi lebih sehat.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.