7 Snack Sehat untuk Ibu Hamil

7 Snack Sehat untuk Ibu Hamil

camilan2Selama kehamilan, wanita juga membutuhkan makanan ringan. Namun makanan ringan tersebut bukan berasal dari makanan kemasan seperti keripik kentang dan lain-lain. Makanan ringan yang harus anda konsumsi adalah makanan-makanan sehat yang terbuat dari bahan-bahan terbaik.

Sepanjang kehamilan, sangat penting bagi setiap wanita untuk menerapkan diet seimbang dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menjalani gaya hidup sehat menghindari berbagai hal yang dapat merugikan seperti junk food, minuman keras, rokok, termasuk minuman ringan atau minuman bersoda, semuanya adalah bagian penting dari menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Bagaimana jika kita mengkonsumsi berbagai makanan ringan seperti keripik kentang, kentang goreng, keripik singkong dan lain-lain atau minuman ringan yang terkadang membuat kita ngiler? Walaupun sebenarnya tidak dianjurkan, namun makanan-makanan tersebut tetap boleh dikonsumsi dalam batas-batas tertentu. Namun perlu anda ingat juga bahwa makanan tersebut tidak banyak mendatangkan manfaat, justru sebaliknya banyak mendatangkan masalah.

Setiap makanan yang banyak mengandung nutrisi selalu dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena ibu hamil sering merasa lapar, maka mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa makanan ringan yang sehat dan berikut adalah beberapa diantaranya.

1.        Sereal berserat tinggi

Semua orang sudah mengetahui bahwa sereal mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengkonsumsi sereal sebagai makanan ringan untuk mengatasi rasa lapar tentu sangat dianjurkan karena berbagai biji-bijian harus dikonsumsi oleh ibu hamil.

Untuk menambahkan beberapa manfaat lainnya, anda bisa mencampurkan sereal dengan buah-buahan segar seperti apel atau strawberi yang banyak mengandung vitamin C serta antioksidan.

2.        Smoothie

Smoothiebuah-buahan segar yang dingin bisa membantu anda mengatasi dehidrasi, memberikan banyak nutrisi serta vitamin dan tentunya bisa membantu anda mengatasi dahaga.

Baca Juga:  7 Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita Secara Drastis

Smoothie buah yang dicampurkan dengan yoghurt akan membuat minuman ini menjadi minuman energi dengan kandungan paling lengkap mulai dari vitamin, protein, kalsium bahkan berbagai nutrisi lainnya.

3.        Ubi jalar

Jika anda suka mengunyah makanan-makanan manis, dan selalu tertarik dengan potato chips dan sejenisnya, cobalah mempertimbangkan ubi jalar. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menggorengnya atau merebusnya, karena ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan tersebut.

4.        Mangga

Mangga juga bisa menjadi snack yang segar untuk mengatasi berbagai masalah kekurangan vitamin pada ibu hamil. Tidak hanya itu, mangga juga bisa membantu mengurangi gejala mual-mual dan muntah-muntah. Mangga tidak hanya banyak mengandung vitamin C namun juga tinggi serat dan mengandung air untuk mengatasi dehidrasi.

5.        Semangka

Buah yang 90 persennya mengandung air ini banyak manfaatnya dan sangat baik dikonsumsi sebagai cemilan untuk mengurangi rasa lapar atau rasa haus. Anda bisa memakan semangka dalam bentuk segar atau menjadikannya sebagai jus kemudian ditambahkan vanilla, yoghurt, buah pisang, anggur dan lain-lain.

Ini merupakan cemilan sempurna yang rendah kalori, rendah lemak dan bisa dimanfaatkan sebagai energy booster.

6.        Telur rebus

Apabila anda tidak kesulitan untuk mengkonsumsi telur rebus dan tidak membuat anda mual, ini merupakan cemilan sehat yang tidak boleh anda tinggalkan. Telur sudah pasti mengandung banyak protein, sangat baik untuk otak bayi dan membantu perkembangan sistem sarafnya.

7.        Pisang

Snack sehat lainnya yang harus anda sediakan di rumah adalah pisang. Selain berharga murah, pisang juga cukup sehingga anda tidak perlu khawatir membelinya berapa hari sekali.

Pisang banyak mengandung serat yang akan memperlancar pencernaan, mengandung vitamin C dan kalium yang akan membantu membentuk tulang yang sehat untuk bayi.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.