7 Makanan Terbaik untuk Anak pada Musim Hujan

7 Makanan Terbaik untuk Anak pada Musim Hujan

makanan-anakCara terbaik untuk merawat dan menjaga anak selama musim hujan adalah dengan memberikan mereka makanan-makanan yang tepat dan terbaik untuk melindungi diri mereka dari berbagai penyakit serta untuk menguatkan imun tubuhnya. Ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi pada musim hujan agar anak-anak tetap sehat.

Kita semua sudah tahu bahwa musim hujan merupakan saat di mana berbagai penyakit dan infeksi sangat mudah menyerang. Namun tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat selama musim hujan berlangsung. Kekuatan tubuh dalam menjaga dirinya dari berbagai serangan adalah kunci sukses melewati musim hujan dengan tubuh yang sehat dan bugar.

Makanan yang tepat untuk musim hujan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan-makanan yang kita konsumsi sehari-hari, hanya saja ada beberapa tambahan pilihan dan kombinasi sehingga menjadi lebih sehat dan lebih menguatkan imun tubuh.

Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk anak pada musim hujan.

  1. Telur

Pada pagi hari anda bisa mulai memberikan mereka sarapan dengan makanan yang banyak mengandung protein salah satunya adalah telur. Telur merupakan sumber vitamin yang diperlukan oleh anak serta sumber mineral dan protein yang akan membantu mereka melawan berbagai penyakit termasuk flu dan batuk. Telur juga dapat memberikan kehangatan yang dibutuhkan oleh tubuh selama musim hujan.

  1. Buah-buahan segar

Terkadang sebagian diantara kita tidak merasa terlalu nyaman mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan, terutama yang banyak mengandung air pada musim hujan dimana cuacanya juga sangat dingin.

Akan tetapi, buah-buahan segar yang dikonsumsi pada siang hari akan membantu anda menangkal berbagai macam penyakit dan tentu saja bisa menjadi sumber vitamin C serta untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

  1. Kacang almond
Baca Juga:  Cara Mengatasi Diare dan Mencet Pada Balita Secara Alami

Kacang almond sangat baik untuk mempertajam penglihatan, membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersinarserta membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pastikan anda memberikan anak-anak 2 kacang almond yang sudah direndam semalaman untuk dikonsumsi dengan cara digiling terlebih dahulu dan kemudian dicampurkan dengan susu.

  1. Air kunyit

Air kunyit merupakan minuman terbaik yang juga bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit. Biasanya beberapa jamu tradisional juga menawarkan minuman ini. Apabila dicampurkan dengan susu dan ditambahkan ke dalam minuman anak, hal tersebut akan sangat membantu dalam menjaga mereka pada musim hujan.

  1. Sop

Pada musim hujan, sangat tepat apabila kita mengkonsumsi makanan-makanan hangat yang sedikit berkuah. Dan sop adalah salah satunya. Sop ayam atau sup daging akan sangat bermanfaat untuk melindungi diri kita maupun anak-anak pada musim hujan.

  1. Air jahe

Anda bisa menawarkan anak-anak wedang jahe pada malam hari untuk melawan dingin sekaligus untuk melindungi mereka dari berbagai jenis infeksi. Selain itu, jahe juga apabila dikonsumsi dapat memberikan beberapa keuntungan diantaranya adalah menjaga agar perut tetap sehat dan bebas dari infeksi.

  1. Bawang putih

Bawang putih memang tidak terlalu enak apabila dikonsumsi dalam bentuk mentah. Namun anda bisa memperbanyak bawang putih pada saat membuat tumisan atau pada saat membuat berbagai jenis sayuran lainnya. Bawang putih memiliki banyak manfaat walaupun tidak terlalu disukai oleh anak-anak, namun bumbu yang satu ini menawarkan banyak keuntungan dalam menjaga tubuh anak selama musim hujan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.