7 Gejala Kehamilan Paling Memalukan

7 Gejala Kehamilan Paling Memalukan- Kehamilan merupakan sebuah karunia yang sangat berharga bagi seorang wanita. Wanita biasanya merubah banyak hal selama 9 bulan kehamilanbaik secara fisik maupun mental. Beberapa calon ibu biasanya benar-benar menikmati setiap trisemester kehamilannya. Namun mereka yang tidak beruntung terkadang harus berjuang melawan beberapa gejala kehamilan yang menyakitkan atau terkadang juga memalukan.

072429_hamil2ts

Bagi ibu yang baru pertama kali hamil, karena ini adalah pengalaman pertama, banyak diantara mereka yang kesulitan. Perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh karena hormon dan perubahan yang terjadi pada mood membuat mereka sebagian besar kewalahan.

Terlebih jika anda adalah ibu baru yang tidak banyak mendapatkan informasi seputar kehamilan dari teman, ibu, atau dari dokter.Setiap perubahan yang terjadi selama kehamilan disebabkan karena hormon, karena faktor genetik dan karena makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup.

Mungkin awalnya anda terlihat canggung. Tapi lambat laun karena kebahagiaan yang anda rasakan, anda akan melupakan hal tersebut.

Ada banyak gejala kehamilan yang perlu diketahui oleh setiap wanita. Namun disini, kami akan membahas hanya tujuh gejala kehamilan yang paling memalukan saja.

A.      Beser

Sebagian besar wanita hamil akan mengalami beser atau kebocoran urine. Hal tersebut bisa terjadi karena pada saat seorang wanita hamil, otot-otot panggulnya menjadi sedikit lebih longgar menyebabkan mereka sulit untuk menahan pipis. Dalam dunia medis kebocoran urin ini disebut inkontinensia. Anda (ibu hamil) bisa pipis di celana ketika batuk, bersin atau bahkan saat tertawa terbahak-bahak, dan itu normal.

B.       Sembelit

Sekitar 80% wanita hamil akan mengalami sembelit terutama pada trisemester kedua dan trisemester ketiga kehamilan saat bayi di dalam rahim semakin membesar dan menekan sistem pencernaan.

Baca Juga:  Mengapa Ibu Hamil Wajib Menghindari Pertengkaran?

Selain karena bayi yang menekan sistem pencernaan, gerakan usus juga terganggu karena adanya aksi dari hormon yang merubah tubuh ibu hamil sehingga menyebabkan masalah kesehatan serius.

C.      Jerawat

Gejala kehamilan yang memalukan selanjutnya adalah berjerawat. Apabila jerawat tumbuh di wajah saja, mungkin hal tersebut masih bisa dimaklumi. Namun, kadangkala jerawat tidak hanya tumbuh di wajah mainkan di beberapa bagian tubuh yang lainnya.

Untuk mengatasi jerawat, jangan gunakan obat jerawat sembarangan, melainkan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan anda. Karena ada beberapa obat jerawat yang berbahaya untuk ibu hamil.

D.      Keputihan

Gejala selanjutnya yang banyak membuat ibu merasa malu adalah keputihan. Keputihan biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan.

Tidak ada cara untuk mengurangi keputihan karena ini dipengaruhi oleh hormon kehamilan. Namun tentu saja anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengurangi debitnya atau untuk mengurangi bau yang tidak sedap.

Bersendawa

Selama kehamilan gangguan pencernaan memang sering terjadi.Gas seringkali menumpuk di perut dan membuat ibu bersendawa. Untuk mengatasi masalah ini, anda dianjurkan mengurangi makanan berlemak dan rutinlah berjalan selama kurang lebih 20 menit untuk membantu mengatasinya.

E.       Rambut tumbuh di wajah

Ada banyak hal aneh yang memang sering terjadi pada wanita hamil karena lonjakan hormon di dalam tubuh mereka. Salah satunya adalah tumbuhnya rambut di wajah.

F.       Berat badan naik

Bagi mereka yang selama ini biasa terlihat langsing, kenaikan berat badan yang signifikan akan membuat mereka kehilangan rasa percaya diri.Bagi beberapa wanita, kenaikan berat badan yang tajam membuat mereka merasa malu dan kehilangan libido. Sehingga, gejala ini digolongkan sebagai salah satu dari gejala kehamilan yang cukup memalukan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.