7 Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita Secara Drastis

7 Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita Secara Drastis- Kesuburan seorang wanita bisa menurun dengan bertambahnya usia. Akan tetapi ada beberapa faktor lain yang juga memiliki pengaruh sangat besar, atau bisa menyebabkan penurunan kesuburan lebih cepat. Saat ini banyak pasangan yang menghadapi kesulitan memiliki anak terutama karena masalah stres dan gaya hidup yang dijalani.

susah hamil

Perempuan memiliki rentang kesuburan yang lebih pendek dibandingkan dengan laki-laki. Pada saat mereka memasuki usia 35 atau 40 tahun, biasanya menopause sudah mengintai. Menopause berarti bahwa anda tidak akan mengalami menstruasi dan ovulasi karena menurunnya tingkat hormon.

Karena adanya resiko tersebut, maka dianjurkan kepada setiap wanita agar hamil sebelum berusia 30-an atau dibawah 35 tahun. Karena pada saat memasuki usia 30 dan 35 tahun, ovulasi mereka sudah mulai berkurang, begitu juga dengan resiko kehamilan yang mulai meningkat.

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa secara drastis mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

A.      Kegemukan

Jika anda adalah seorang wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan, maka fungsi ovarium anda akan menurun. Kegemukan atau obesitas juga dapat menyebabkan resiko kista ovarium meningkat. Penyakit ovarium polikistik tersebut akan sangat mempengaruhi kesuburan dan merupakan salah satu penyebab mengapa hormon menjadi tidak seimbang. Pada tahap selanjutnya, kondisi tersebut akan menyebabkan infertilitas atau kemandulan.

B.       Terlalu kurus

Banyak wanita sekarang yang mengidam-idamkan tubuh kurus dan langsing. Akan tetapi, terlalu kurus membuat wanita kekurangan hormon dan kesulitan untuk bisa hamil. Beberapa wanita yang terlalu kurus biasanya dapat mengalami menstruasi yang tidak teratur atau bahkan menstruasinya bisa berhenti di usia yang lebih muda.

C.      Terpapar kimia dan pestisida

Faktor lainnya yang mempengaruhi kesuburan seorang wanita secara drastis adalah polutan kimia dan pestisida. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polutan kimia dan pestisida menurunkan kemampuan seorang wanita hamil hingga 30%.

Baca Juga:  7 Mitos dan Fakta Kehamilan Paling Sering Kita Dengar

Beberapa bahan kimia yang disebut phthalates ditemukan di kutek, parfum.Sedangkan, pestisida sudah pasti banyak ditemukan di buah-buahan serta sayuran sehingga harus dicuci dengan bersih sebelum dikonsumsi.

D.      Latihan berat

Berolahraga apabila terlalu berat dan terlalu intens menyebabkan seorang wanita mengalami kesulitan berovulasi atau bahkan dapat menyebabkan ovulasi menjadi tidak teratur. Berolahraga lebih dari 5 jam sehari dapat menyebabkan gangguan ovulasi dan menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

E.       Penyakit tiroid

Penyebab lain mengapa kesuburan seorang wanita menurun drastis adalah karena adanya gangguan hormon tiroid. Jika kelenjar tiroid anda tidak berfungsi dengan baik, hal tersebut menyebabkan infertilitas.

F.       Kafein

Mengkonsumsi kopi berapa gelas perhari, misalnya 1-2 gelas masih dikategorikan sebagai jumlah yang aman. Apabila lebih dari itu, mengkonsumsi kafein terlalu banyak dapat menyebabkan masalah konsepsi pada wanita. Penting untuk anda ketahui bahwa, kafein akan mengurangi pergerakan sel telur dari ovarium menuju rahim dan mengganggu kontraksi otot.

G.      Stres

Ini merupakan faktor penyebab menurunnya kesuburan yang paling sering ditemukan saat ini. Wanita yang rata-rata bekerja sering berada dibawah tekanan. Tidak hanya itu, masalah rumah tangga dan masalah ekonomi juga bisa memperparahnya. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk anda pandai-pandai memanajemen stres agar ovulasi tidak terganggu. Stres juga dapat menyebabkan menstruasi tertunda dan mempengaruhi kesuburan secara drastis.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.