7 Cara Kehamilan Mempengaruhi Wanita

7 Cara Kehamilan Mempengaruhi Wanita

hamil-2Menjadi seorang ibu adalah sesuatu yang sangat membahagiakan sekaligus sebagai tanda bahwa anda adalah wanita sempurna. Kehamilan memberikan kita perasaan yang sangat luar biasa dan bahkan bisa menciptakan kehidupan yang berbeda dibandingkan dengan sebelum memiliki anak.

Kehamilan akan merubah banyak hal, mulai dari kebiasaan, sifat, dan bahkan gaya hidup yang kita jalani. Lebih dari itu, kehamilan menyebabkan perubahan pada tubuh secara fisik maupun mental.

Berbagai gejala kehamilan juga bisa menyebabkan perubahan-perubahan tertentu pada ibu hamil. Rasa sakit, dan berbagai masalah selama kehamilan bisa memberikan berbagai dampak, baik itu positif maupun negatif.

Setiap perubahan yang terjadi pada diri anda harus diperhatikan dan ditangani dengan baik. Karena apabila diabaikan, masalah tersebut ditakutkan bisa menjadi sangat besar di kemudian hari atau bisa memancing masalah-masalah yang lainnya. Secara konsisten anda harus pandai-pandai mengatasi setiap masalah dan secara rutin berkonsultasi dengan dokter.

Khusus untuk ibu baru yang pertama kali hamil, berbagai efek kehamilan termasuk stres harus ditangani dengan baik dan sebisa mungkin anda harus menghindari emosi atau bertengkar dengan pasangan.

Berikut adalah beberapa dampak dari kehamilan yang mempengaruhi seorang wanita.

1.        Perubahan fisik

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil dan yang paling umum adalah perubahan pada tubuh. Dari bulan ke bulan, ukuran perut akan bertambah begitu juga dengan payudara yang terus membesar.

2.        Perubahan organ internal

Tidak hanya di bagian luar, namun efek kehamilan juga akan membuat beberapa organ internal terpengaruh. Bayi yang ada di dalam rahim akan mempengaruhi paru-paru dan membuatnya menjadi lebih sempit. Mempengaruhi hati, biasanya membuat hati menjadi lebih besar, dan bahkan mempengaruhi tulang rusuk.

Baca Juga:  Cara Terbaik Mengatasi Kesulitan Tidur Saat Hamil

3.        Mempengaruhi berat badan

Ini merupakan pengaruh yang sudah pasti akan terjadi. Namun, anda tidak diperbolehkan untuk mengurangi berat badan selama kehamilan. Setiap berat badan yang naik harus berada di bawah kontrol yang tepat.

Tambahan dari bayi, air ketuban, dan lemak yang terus terakumulasi akan membuat berat badan anda meningkat beberapa kali lipat.

4.        Stretch mark

Perut yang semakin membesar dan kulit yang meregang menyebabkan berapa wanita mengalami stretch mark atau tanda berupa garis di bagian perutnya. Tidak hanya di bagian perut, namun stretchmark tersebut juga bisa muncul di paha dan payudara.

5.        Rambut berubah

Dibagian kepala, rambut adalah salah satu yang paling mudah dilihat perubahannya. Biasanya pada saat hamil, rambut berubah menjadi lebih tebal, lebih sehat dan berkilau. Bahkan, beberapa ibu hamil tidak pernah mengalami kerontokan.

6.        Konsentrasi bermasalah

Ibu hamil cenderung berubah menjadi pelupa, dan sulit untuk berkonsentrasi atau fokus. Hal tersebut tentu tidak sulit untuk menemukan berbagai alasan yang menjadi dalangnya.

Wanita yang menjadi pelupa dan sulit berkonsentrasi disebabkan karena perubahan mental yang ada pada diri mereka terutama karena menghawatirkan berbagai komplikasi, memikirkan kondisi janin didalam kandungan, serta memikirkan tentang persalinan.

7.        Depresi saat hamil

Cara lain kehamilan mempengaruhi wanita adalah dengan membuatnya lebih mudah depresi. Perasaan depresi atau tertekan serta rasa cemas adalah gejala umum dari kehamilan. Namun masalah ini harus pandai-pandai diatasi karena dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan perkembangan bayi di dalam rahim.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.