7 Alasan Perut Kram Selama Kehamilan

7 Alasan Perut Kram Selama Kehamilan

happy-mom-2Kehamilan adalah periode paling menarik dan paling banyak menghadirkan stres sebagai seorang wanita. Apapun yang anda lakukan untuk menjaga kesehatan, biasanya menyebabkan anda berada di bawah tekanan. Seorang wanita hamil biasanya sangat cemas terhadap keselamatan bayi di dalam kandungannya, sehingga apapun yang ‘layak konsumsi’ sering kali dicurigai dapat menyebabkan masalah. Namun semua itu masih dikategorikan sebagai sesuatu yang wajar karena banyaknya perubahan yang terjadi selama kehamilan. Perubahan-perubahan tersebut disebabkan karena hormon. Perubahan yang terjadi bisa berupa perubahan fisik maupun mental.

Beberapa masalah pada saat hamil seperti sakit kepala, mulas, mual, dan kram otot atau kram pada perut sering terjadi selama kehamilan. Khusus untuk kram perut, ada beberapa alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, diantaranya adalah karena anda merasa tegang dan takut,dan, karena keasaaman atau karena keguguran.

Setiap anda mengalami kram pada perut, perhatikan apa saja penyebabnya dan memperhatikan juga situasi anda. Kram pada perut selama kehamilan biasanya bervariasi antara satu wanita dengan wanita lainnya. Ada yang mengalami kram sangat intens, ada yang mengalami kram dengan durasi dan frekuensi yang sedikit, namun ada juga yang mengalaminya dengan sangat parah, semua tergantung dari penyebab kram tersebut.

Ada kemungkinan juga bahwa, wanita yang mengalami kram di bagian perut merupakan tanda bahwa hal tersebut adalah awal dari kehamilan. Bahkan pada saat mereka tidak tahu bahwa mereka sudah hamil, kram bisa terjadi.

Beberapa wanita tidak mampu membedakan antara kram karena implantasi dan kram karena menstruasi. Kedua kram tersebut memang sangat mirip sehingga untuk membedakannya sangat sulit. Apabila anda khawatir mengenai hal tersebut, sebaiknya anda berkonsultasi dengan penyelia kesehatan.

Baca Juga:  Makanan yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh Selama Kehamilan

Berikut adalah beberapa penyebab kram pada perut yang paling umum ditemukan selama kehamilan.

  1. Implantasi

Ini merupakan kondisi normal dimana kram akan dirasakan oleh seorang ibu pada saat implantasi terjadi. Kram akan dirasakan pada 6 hingga 10 hari setelah ovulasi dan biasanya diikuti pendarahan atau keluarnya bercak-bercak. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut karena kram tersebut akan berangsur-angsur pulih dengan sendirinya.

  1. Keasaman

Keasaman adalah masalah umum yang terjadi pada wanita hamil. Ini adalah salah satu alasan lain mengapa krambisa dirasakan oleh ibu hamil. Anda bisa memperhatikan posisi rasa nyeri untuk membedakan antara kram dan nyeri lainnya selama kehamilan.

  1. Kehamilan ektopik

Jika anda mengalami rasa sakit yang sangat kuat dan tak tertahankan pada satu sisi perut, ada kemungkinan anda mengalami kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik mengacu pada implantasi janin diluar rahim dan biasanya terjadi di saluran telur. Kondisi tersebut membutuhkan perawatan medis darurat dan bisa membahayakan jiwa ibu sehingga harus segera ditangani.

  1. Keguguran

Alasan perut kram selama kehamilan yang lainnya adalah karena keguguran. Ini merupakan penyebab kram yang tidak diinginkan oleh hampir semua wanita hamil. Akan tetapi hal tersebut bisa terjadi pada siapapun. Kram yang diikuti pendarahan dalam jumlah banyak harus segera ditangani oleh ahli medis.

  1. Infeksi saluran kemih

Penyebab lain wanita hamil mengalami kram adalah karena infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kencing tersebut biasanya terjadi pada ibu hamil karena tingkat kekebalan tubuh mereka yang rendah. Infeksi ini akan mempengaruhi kandung kemih dan menyebabkan kram pada perut selama kehamilan. Untuk menghindari komplikasi anda harus dirawat di rumah sakit.

  1. Kelahiran prematur

Komplikasi sebelum minggu ke-37 yang ditandai dengan kram serta nyeri pada punggung, lalu diikuti pendarahan atau keputihan dalam jumlah yang sangat banyak adalah tanda bahwa akan terjadi persalinan prematur.

Baca Juga:  Apakah Aman Ibu Hamil Mengkonsumsi Makanan yang Dijual di Pinggir Jalan?

  1. Peregangan uterine

Penyebab paling umum lainnya perut kram selama kehamilan adalah karena membesarnya rahim. Rahim yang terus meregang dan melebar bermaksud untuk memberikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan janin.Menyebabkan wanita hamil mengalami kram, terutama setelah memasuki usia kehamilan tujuh bulan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.