7 Alasan Mengapa Libido Menjadi Rendah Pada Saat Hamil

7 Alasan Mengapa Libido Menjadi Rendah Pada Saat Hamil. Berapa wanita mengalami penurunan libido selama kehamilan dan beberapa yang lainnya justru mengalami kenaikan. Itu artinya bahwa tidak semua wanita mengalami penurunan nafsu seksual selama hamil.

libido-rendah

Namun, jika anda adalah salah satu dari sekian wanita yang mengalami penurunan libido, penurunan tersebut bisa dikarenakan perubahan tubuh anda atau bisa juga disebabkan karena hormon kehamilan. Segala sesuatunya termasuk penurunan libido ini berkaitan erat dengan kondisi psikologis ibu hamil.

Berbagai komplikasi dan masalah seringkali menyebabkan ibu hamil tidak mood untuk melakukan banyak aktivitas termasuk hubungan seksual. Sehingga, setiap pasangan harus berusaha mengelola sebaik mungkin kehamilan dan beberapa gejala yang muncul.

Mengapa libido rendah selama kehamilan?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa libido seseorang menurun pada saat hamil.

A.      Perubahan

Penyebab libido menjadi rendah pada saat ibu hamil salah satunya disebabkan karena stres, perubahan tubuh dan perubahan kebiasaan. Seringkali ibu hamil merasa tidak PD dengan dirinya yang terlihat gendut, dll.

B.       Rasa mual

Penyebab selanjutnya seorang ibu mengalami penurunan tingkat libido karena morning sickness atau mual-mual yang sering dialami terutama pada trisemester pertama kehamilan.

Jika kondisi tersebut sudah turunterutama pada trisemester kedua, biasanya ibu hamil akan memiliki mood yang baik kembali.

C.      Merasa lelah

Pada trisemester pertama, atau pada awal awal kehamilan, biasanya seorang wanita cenderung merasa sangat lelah sepanjang hari karena perubahan yang cukup besar terjadi di dalam tubuh mereka untuk mempersiapkan tempat bagi bayi. Kondisi tubuh yang terus-menerus bekerja dalam melakukan banyak perubahan menyebabkan ibu merasa kelelahan dan tidak berminat untuk melakukan berbagai kegiatan.

D.      Masalah hormonal

Penyebab selanjutnya mengapa libido seorang wanita menurun drastis adalah karena hormon. Alasan ini menyebabkan banyak perubahan terjadi baik secara fisik maupun mental sehingga terkadang wanita hamil juga sedikit sulit ditebak.

Baca Juga:  Bahaya Bayi Kegemukan Selama Kehamilan

E.       Takut

Tidak hanya ibu baru, namun ibu yang sudah pernah mengalami kehamilan sebelumnya terkadang juga masih memiliki rasa cemas atau takut. Mereka selalu khawatir mengenai keselamatan bayi yang ada di dalam kandungannya sehingga cenderung untuk menahan dan menekan nafsu seksual.

Ibu hamil beresiko rendah sebenarnya aman untuk melakukan hubungan seksual dengan cara-cara yang sederhana dan tidak berbahaya. Sedangkan untuk mereka yang hamil dengan resiko tinggi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

F.       Kekeringan

Beberapa wanita, mengalami kekeringan pada miss V mereka disebabkan karena kehamilan. Gejala ini banyak dialami oleh wanita hamil dan membuat mereka kehilangan nafsu.

G.      Kegembiraan

Berkebalikan dengan rasa takut, kegembiraan yang dimiliki oleh seorang ibu juga ternyata cenderung menyebabkan mereka hanya memikirkan tentang bayi yang ada di dalam kandungannya. Ini merupakan salah satu alasan lain menurunnya tingkat libido ibu hamil yang terjadi secara alami.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.