6 Hal yang Menyebabkan Melahirkan Menjadi Sangat Sakit

6 Hal yang Menyebabkan Melahirkan Menjadi Sangat Sakit- Kebanyakan wanita senang dan mengidam-idamkan persalinan normal. Namun salah satu hal yang paling principal dan paling utama yang kemungkinan besar akan memenuhi kepala anda adalah rasa sakit yang akan dihadapi selama proses persalinan. Di sisi lain, anda juga perlu untuk mendidik diri sendiri agar persalinan bisa dilalui dengan mudah dan rasa sakit bisa ditekan. Anda harus mengetahui banyak hal mengenai proses persalinan yang baik dan benar agar berbagai komplikasi bisa ditekan.

d19e5bd74ddd65bd425eeb69e6c22c5b

Berbagai teknik yang diterapkan untuk memudahkan dan mengurangi rasa sakit selama persalinan terkadang bisa berhasil atau bekerja pada seorang wanita namun terkadang tidak bekerja pada wanita yang lainnya. Akan tetapi, dengan berpikir positif, setiap wanita biasanya akan lebih mudah melalui proses persalinan.Terutama apabila mereka berlatih atau melakukan olahraga dalam jumlah yang cukup.

Seperti yang kita sama-sama tahu bahwa, berurusan dengan rasa sakit tidak pernah mudah. Selama bertahun-tahun, dokter selalu mencari cara dan mencoba beradaptasi dengan berbagai teknik dalam mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Itulah sebabnya mengapa terkadang kita menemukan epidural atau berbagai obat-obatan lain yang dapat membantu mengurangi rasa sakit agar ibu bisa memiliki kehidupan yang lebih panjang dan tidak terlalu menderita selama persalinan. Sebelum anda mengetahui berbagai cara untuk mengurangi rasa sakit, ada perlu tahu juga bahwa ada beberapa hal yang dapat menyebabkan melahirkan menjadi sangat menyakitkan. Berikut adalah beberapa diantaranya.

A.      Berbaring pada punggung

Ini merupakan salah satu kesalahan yang paling umum dan cenderung dilakukan oleh ibu saat mereka melahirkan. Berbaring dengan punggung akan menyulitkan persalinan. Sebaliknya, memanfaatkan gravitasi dengan duduk tegak atau dengan posisi miring kedepan akan lebih baik dan lebih memudahkan ibu hamil dalam melalui proses persalinan.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kehamilan pada Wanita Berusia Tua

Sebaliknya, dengan berbaring menggunakan punggung seperti telentang akan menyebabkan bayi menekan tulang belakang dan dapat memotong suplai darah sehingga persalinan menjadi sangat sakit.

B.       Takut

Satu hal yang juga memiliki peranan penting dalam kesuksesan seorang ibu melahirkan adalah mental mereka. Apabila anda merasa takut, tidak bernapas dengan baik, dan sangat cemas, hal tersebut akan menyebabkan gangguan hormon pada tubuh sehingga persalinan menjadi lebih sulit. Jadi, pastikan anda rileks dan santai sehingga badan akan lebih mudah menyesuaikan diri.

C.      Lingkungan

Apabila lingkungan anda tidak nyaman, maka kemungkinan besar anda pun akan tertekan. Itulah mengapa sangat penting bagi setiap ibu untuk memilih sendiri tempat melahirkan yang benar-benar nyaman untuk dirinya.Baik itu di rumah sakit bersalin atau di klinik tertentu.

D.      Dehidrasi

Hal lain yang menyebabkan melahirkan menjadi sangat sakit adalah apabila ibu mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu alasan yang mempengaruhi semua sel di dalam tubuh sehingga melahirkan menjadi terasa sangat sulit dan melelahkan.

Selain itu, kondisi tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan fokus dan konsentrasi berkurang.Jadi, pastikan anda mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup dan pastikan anda membawa air selama persalinan untuk memudahkan konsentrasi.

E.       Tidak sering latihan

Latihan (olahraga) akan membantu tumbuh lebih siap dan membantu kita lebih kuat menghadapi persalinan. Apabila selama ini ibu hamil tidak banyak bergerak atau melakukan aktivitas fisik seperti latihan dan olahraga, termasuk peregangan, maka hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit meningkat selama persalinan.

F.       Teknik melawan nyeri

Ada banyak teknik melahirkan bagi ibu hamil dalam melawan rasa nyeri. Untuk mengurangi sakit tersebur, salah satu cara yang sangat dianjurkan adalah dengan metode water birth. Namun di Indonesia metode melahirkan ini belum dilegalkan. Selain itu, ada juga beberapa teknik pernafasan yang harus anda latih dan harus anda ketahui untuk mengurangi rasa nyeri dan rasa sakit pada saat melahirkan.

Baca Juga:  9 Latihan Terbaik untuk Wanita yang Ingin Melahirkan Secara Normal

Apabila anda tidak mengetahui teknik melahirkan yang baik dan benar serta yang bisa membantu mengurangi rasa sakit, sudah pasti proses persalinan (melahirkan) akan menjadi berat dan menyakitkan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.