6 Hal yang Jarang Diberitahukan Selama Kehamilan

6 Hal yang Jarang Diberitahukan Selama Kehamilan- Kehamilan merupakan faktor penting dalam kehidupan seorang wanita, baik secara fisik maupun mental. Ini melibatkan kunjungan rutin ke dokter, perubahan yang terjadi di dalam tubuh wanita tersebut, serta diet dan gaya hidup sehat.

10-Tanda-Tanda-Kehamilan-Berikut-Ciri-Ciri-Orang-Hamil11

Namun, sebanyak-banyaknya informasi yang anda dapatkan, terkadang ada saja yang terlewatkan. Ada saja fakta-fakta mengenai kehamilan yang tidak diberitahukan kepada anda oleh para ahli kesehatan. Terkadang kita juga mengetahui beberapa hal dari film-film yang kita tonton dan kemudian mempengaruhi keyakinan kita. Namun tahukah anda bahwa film-film tersebut terkadang melebih-lebihkan fakta sebenarnya sehingga tampak lebih dramatis dan mengerikan.

Beberapa fakta dan masalah-masalah kecil yang jarang diketahui dan jarang diperhatikan selama kehamilan diantaranya adalah,

A. Tidak semua wanita ngidam

Setiap kita menonton film, kita selalu melihat bahwa wanita hamil yang ada di film tersebut akan mengidam-idamkan makanan tertentu. Dalam banyak kasus, perempuan seringkali dikatakan menginginkan makanan-makanan asam atau kecut. Padahal, fakta itu tidak sepenuhnya benar. Tidak semua wanita mengalami ngidam dan memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan tertentu yang kecut atau yang asam seperti mangga muda.

B. Tidak semua wanita mengalami morning sickness

Sama seperti ngidam, tidak semua wanita yang hamil mengalami morning sickness. Memang benar bahwa banyak wanita yang mengalami gejala kehamilan seperti morning sickness sehingga banyak diantara mereka yang kemudian mencoba mengantisipasi hal tersebut. Tidak hanya itu, banyaknya gembar-gambor mengenai morning sickness membuat beberapa wanita hamil kemudian sangat khawatir.Padahal, sebenarnya tidak semua wanita hamil mengalami gejala morning sickness.

C. Bayi tidak lahir seketika

Beberapa film menggambarkan persalinan terjadi sesaat setelah ibu merasakan nyeri.Dan, dalam waktu yang singkat kemudian mereka melahirkan. Adegan tersebut benar-benar palsu dan tidak bisa dipercaya. Karena setiap proses persalinan akan melalui beberapa tanda-tanda seperti kontraksi dan dalam waktu yang tidak singkat. Sehingga, setiap orang sebenarnya memiliki kesempatan untuk pergi ke rumah sakit dan melakukan persalinan secara normal dan aman. Rasa sakit (kontraksi) hanyalah tanda-tanda bahwa bayi akan lahir dalam waktu 8-12 jam kedepan.

Baca Juga:  7 Mitos dan Fakta Kehamilan Paling Sering Kita Dengar

D. Anda tidak akan langsing dalam waktu singkat

Tidak seperti film-film kebanyakan yang kita tonton, sebenarnya tubuh membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk memulihkan dirinya dan kembali ke bentuknya semula.Perlu diingat bahwa terkadang seorang ibu juga membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk mengembalikan berat badan hingga terlihat normal kemabali.

E. Salep untuk stretch mark tidak mempan

Menerapkan salep atau pelembab pada stretchmark serta minyak sebenarnya hanya bisa membantu hingga batas-batas tertentu. Namun, salah satu masalah yang kemungkinan besar tidak diberitahukan atau jarang diberitahukan kepada setiap wanita hamil adalah bahwa,stretch mark sebenarnya sesuatu yang dibawa secara turun-temurun. Jadi, jika ibu anda memiliki stretch mark pada saat hamil kemungkinan besar anda akan memilikinya.

F. Anda harus mengikuti diet

Banyak wanita pasca melahirkan diberitahu untuk segera melakukan diet agar berat badannya turun. Padahal, dengan makan normal anda tetap mengalami penurunan berat badan karena menyusui. Setiap kali anda menyusui, setidaknya anda akan kehilangan sekitar 300 kalori.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.