6 Fakta Mengenai Keputihan Selama Kehamilan

Keputihan adalah cairan yang biasanya tidak berbau dan berwarna putih serta keluar dari vagina secara teratur. Kandungan yang ada pada cairan ini adalah sel-sel tua dari dinding rahim dan leher rahim. Biasanya keputihan mengandung bakteri yang tumbuh di vagina. Akan tetapi, selama kehamilan, keputihan biasanya bisa meningkat dibandingkan debit normal biasanya. Namun anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Hingga anda menemukan darah yang tercampur di dalam keputihan tersebut, barulah anda boleh panik.

keputihan

Bagi anda yang ingin mengetahui beberapa fakta tentang keputihan selama kehamilan, berikut adalah beberapa diantaranya yang harus anda tahu.

Fakta pertama

Peningkatan debit keputihan merupakan salah satu dari sekian tanda bahwa anda memasuki awal kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena sekresi hormon estrogen meningkat pada saat wanita mengalami kehamilan.

Fakta kedua

Selama kehamilan, suplai darah ke daerah vagina bisa meningkat hingga dua kali lipat sehingga mempengaruhi beberapa hal, seperti, dapat menyebabkan vagina lebih sensitif, termasuk juga dapat menyebabkan cairan vagina menjadi lebih banyak.

Fakta ketiga

Semakin banyak jumlah hormon di dalam tubuh anda, maka debit keputihan pada vagina semakin meningkat. Selama kehamilan, ada sekresi berlebihan dari hormon seperti, hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan cairan keputihan meningkat drastis selama kehamilan.

Fakta keempat

Jika anda tiba-tiba memiliki banyak keputihan menjelang akhir kehamilan, maka itu merupakan tanda bahwa persalinan akan segera tiba. Cobalah memeriksa lebih teliti mungkin saja ada bercak-bercak darah yang menandakan bahwa anda akan segera melahirkan.

Fakta kelima

Lendir yang menutupi rahim selama kehamilan biasanya juga terdiri atas unsur-unsur yang terlihat berwarna putih. Akan tetapi hal tersebut berbeda dengan keputihan, karena lendir ini biasanya disebut lendir tanker yang tampak seperti putih telur. Pada saat serviks menipis dan terjadi pelebaran, kemungkinan besar lendir tersebut (tanker) akan menghilang.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Bengkak Pada Payudara Ketika Menyusui

Fakta keenam

Apabila keputihan bercampur dengan bercak darah selama implantasi janin, maka hal tersebut adalah kejadian umum yang tidak perlu dikhawatirkan. Anda juga mungkin akan melihat jejak darah sebelum persalinan dan hal tersebut adalah normal. Namun apabila anda menemukan pendarahan saat hamil yang tidak normal diluar dua tempat yang telah disebutkan sebelumnya, maka hal tersebut harus membuat anda khawatir. Anda harus segera meminta bantuan dokter atau melakukan pemeriksaan secepat mungkin pada saat anda mengalami pendarahan dalam jumlah yang terlalu banyak seperti darah menstruasi.

Demkianlah fakta-fakta menarik mengenai keputihan selama kehamilan yang harus anda ketahui sehingga anda tidak perlu mencemaskannya atau merasa bahwa ada sesuatu yang salah dengan hal tersebut.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.