6 Cara Mudah dan Sederhana untuk Mengubah Posisi Bayi yang Sungsang

6 Cara Mudah dan Sederhana untuk Mengubah Posisi Bayi yang Sungsang

ibu-hamil-tidurKonsep melahirkan secara alami sebenarnya sangat sederhana, yaitu posisi kepala bayi harus benar dan berada di tempat yang tepat. Kepala bayi harus berada di bawah dan kaki berada di atas. Selama beberapa minggu terakhir kehamilan, biasanya bayi dapat mengubah posisinya untuk segera keluar. Namun posisi sungsang adalah posisi terbalik, yaitu posisi kepala bayi di atas dan kaki masih berada di bawah sehingga dapat menyebabkan masalah apabila terjadi persalinan.

Pada trisemester ketiga, sangat umum apabila bayi masih dalam posisi ini. Dan biasanya akan berangsur-angsur berubah ketika memasuki bulan-bulan terakhir. Apabila tidak bisa diubah, bayi sungsang harus dilahirkan dengan operasi caesar.

Namun apabila anda masih memiliki kesempatan dan waktu, anda bisa mengubah posisi bayi tersebut dengan beberapa metode. Dan berikut adalah beberapa diantaranya yang dianjurkan.

Cara pertama

Cara ini sangat sederhana, apabila anda sudah memasuki kehamilan minggu ke-30 atau 37, anda bisa melakukan posisi jongkok dengan lutut dan kemudian mengangkat punggung sedikit lebih tinggi layaknya orang yang akan sujud. Ini akan membantu memposisikan bayi dengan tepat karena adanya gaya gravitasi sehingga bayi akan menjadi jungkir. Cara ini bisa dilakukan dua kali sehari selama kurang lebih 5 hingga 15 menit.

Cara kedua

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah mengambil posisi seperti orang sujud. Posisi tersebut bisa membantu mengatasi bayi sungsang dan bisa dilakukan dalam jumlah yang sama serta dalam waktu yang sama seperti pada cara pertama.

 

Cara ketiga

Anda bisa melakukan olahraga olahraga ringan pada minggu ke-30 hingga ke-37 kehamilan untuk membantu bayi agar bisa mengubah posisinya ke posisi yang normal. Anda bisa berlutut di tepi kursi sofa dan kemudian turun dengan lengan anda secara hati-hati,lalu kembalilah ke posisi normal.Ulangi sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

Baca Juga:  Tips Cara Memperbanyak ASI secara Alami

Cara keempat

Pada cara yang keempat ini, kita akan memanfaatkan kolam. Saat kita berenang, tubuh akan menjadi bugar dan sehat serta lebih elastis. Ternyata berenang juga bisa membantu mengatasi bayi sungsang untuk mengubah posisinya. Pada saat anda terbalik di dalam kolam renang, hal tersebut akan membantu bayi mencari posisi yang tepat. Berenang juga akan membantu mengendurkan otot sehingga bayi lebih mudah untuk memindahkan posisinya.

Cara kelima

Cara selanjutnya untuk mengatasi bayi sungsang adalah dengan berbaring, lalu mengangkat bagian tubuh dengan menggunakan kaki, namun tetap membiarkan kepala dan leher menyentuh lantai. Cara ini bisa dilakukan 3 kali sehari selama kurang lebih 15 menit pada saat perut masih kosong dan pada saat bayi terjaga atau aktif.

Cara keenam

Cara paling efektif lainnya untuk mengatasi bayi sungsang yang sangat mudah dan sederhana adalah dengan melakukan dorongan. Anda bisa bermain-main dengan mendorong bayi agar ia mengubah posisinya. Selain itu, menepuk-nepuk bagian bawah perut anda layaknya seorang yang bermain musik akan membantu bayi menemukan jalan keluar.

Jika anda bisa membujuk pasangan anda untuk berbicara di dekat jalan keluar atau perut bagian bawah, hal tersebut juga akan membantu agar bayi mengikuti asal suara tersebut.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.