7 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Kosmetik Selama Kehamilan

7 Alasan Mengapa Anda Harus Menghindari Kosmetik Selama Kehamilan

kosmetikSemua ibu hamil tidak dilarang untuk berdandan. Tetap tampil cantik dan prima sah-sah saja dilakukan. Namun anda juga harus menyadari bahwa, ada beberapa kosmetik yang berbahaya apabila digunakan saat hamil. Kosmetik-kosmetik tersebut biasanya mengandung beberapa zat kimia berbahaya yang tidak baik untuk janin didalam kandungan.

Setiap kosmetik yang kita gunakan pada kulit 5 hingga 7 persennya akan terserap dan akan terbawa oleh darah di dalam tubuh hingga sampai ke bayi di rahim. Berbagai bahan berbahaya tersebut bisa memberikan kerugian terhadap bayi dan bisa memberikan dampak negatif terhadap kehamilan. Selain dapat menyebabkan bayi cacat lahir, berbagi kosmetik berbahaya juga dapat menyebabkan keguguran.

Pada saat menggunakan kosmetik, pastikan anda memilih dengan hati-hati, terlebih saat hamil. Semua produk yang anda miliki saat ini, harus anda baca labelnya dan pastikan bahwa produk tersebut aman digunakan untuk ibu hamil agar anda tidak keracunan berbagai zat berbahaya tersebut.

Apa saja produk yang harus dihindari selama kehamilan?

  1. Kandungan karsinogen

Hampir 30% kosmetik menggunakan karsinogen didalamnya dan ini merupakan salah satu zat kimia berbahaya yang harus anda hindari.

      2.Lipstik

Sudah banyak studi yang mengungkapkan bahwa sebagian besar lipstik bermerek yang ada di pasaran saat ini mengandung tema dalam jumlah yang kecil. Itu artinya bahwa, apabila ibu hamil menggunakan lipstik, kemudian digunakan juga pada saat makan dan minum, dan terkadang kandungan tersebut akan ikut tertelan sehingga bisa membahayakan bayi.

       3.Shampoo

Beberapa merk shampo ada yang tidak aman digunakan oleh ibu hamil. Dan ibu hamil dianjurkan untuk menghindari berbagai jenis shampo anti ketombe. Berbagai bahan berbahaya yang ada pada shampoo juga bisa meresap ke balik kulit kepala dan terbawa bersama aliran darah hingga ke janin.

Baca Juga:  Alasan Mengapa Latihan Tidak Boleh Diabaikan Selama Kehamilan

        4.Parfum

Tidak semua parfum aman. Oleh sebab itu anda juga harus lebih teliti saat membeli parfum yang akan anda gunakan selama kehamilan. Berbagai jenis parfum terutama yang ada pada deodorant dikatakan mengandung banyak senyawa kimia berbahaya yang tidak baik apabila digunakan selama kehamilan.

      5.Pewarna rambut

pewarna rambut memang tidak terlalu berbahaya layaknya beberapa produk kecantikan lainnya. Akan tetapi, produk rambut biasanya memiliki uap yang sangat keras sehingga dapat menyebabkan ibu hamil merasa tidak nyaman atau mual. Selain itu, beberapa ahli menyarankan kepada ibu hamil untuk tidak menggunakan pewarna rambut pada trisemester pertama.

Walaupun beberapa ahli memperbolehkan ibu hamil menggunakan pewarna rambut yang aman pada trisemester kedua dan ketiga, namun tidak ada salahnya untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

       6.Foundation

Ada banyak alas bedak yang sangat berbahaya untuk kehamilan layaknya cat kuku dan lipstik. Beberapa foundation juga mengandung logam berbahaya yang dapat menyebabkan keguguran.

     7.Cat kuku

Kosmetik terakhir yang harus anda perhatikan adalah cat kuku. Pada saat anda mengecat kuku, pastikan cat kuku tersebut kering kemudian cuci hingga bersih. Jika anda memang ingin menggunakan cat kuku saat hamil, pastikan anda mengkonsumsi berbagai makanan dengan menggunakan sendok untuk menghindari cat kuku yang tidak menempel di kuku dan kemudian ikut tertelan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.