5 Perubahan Besar Saat Hamil yang Harus Anda Tahu

5 Perubahan Besar Saat Hamil yang Harus Anda Tahu

ibu-hamil-2Kehamilan akan merubah seluruh hidup anda mulai dari kebiasaan, sifat, tingkah laku dan bahkan gaya hidup yang anda jalani. Suka atau tidak suka, beberapa perubahan tersebut tetap akan terjadi. Sebagian wanita tidak menyukai perubahan yang drastis tersebut, terutama apabila sedikit menyakitkan, seperti gejala-gejala kehamilan. Akan tetapi tidak sedikit juga wanita yang menyambut perubahan tersebut dengan senyuman dan sukacita.

Ketika seorang wanita hamil, satu hal yang membuat mereka merasa sangat stres dan tidak terkontrol adalah karena perubahan suasana hati yang tidak terkendali, selera makan yang buruk dan hormon yang tidak seimbang.

Perubahan lainnya yang paling mencolok adalah kenaikan berat badan. Bagi beberapa wanita, hal tersebut membuat mereka kehilangan rasa percaya diri. Namun hal tersebut bukanlah satu-satunya perubahan yang terjadi pada wanita hamil, karena ada banyak perubahan lainnya yang patut anda ketahui. Berikut adalah beberapa perubahan besar saat hamil yang harus anda ketahui.

Perubahan pertama

Kebanyakan dokter akan meresepkan wanita hamil tablet kalsium pada saat berkunjung. Tahukah anda mengapa dokter meresepkan tablet kalsium tersebut? Salah satu alasannya adalah hormon relaksin pada tubuh wanita hamil dapat membuat tulang disekitar kemaluan menjadi lembut dan longgar sehingga akan memungkinkan bayi keluar dengan mudah pada saatnya nanti. Untuk membantu merilekskan bagian tersebut, anda juga dianjurkan rajin berolahraga dengan melakukan peregangan, jalan kaki atau berenang. Selain itu, naik turun tangga juga merupakan olahraga yang baik untuk menguatkan tulang panggul.

Dengan kuatnya bagian tersebut, anda akan lebih mudah melahirkan dan lebih bisa menahan rasa sakit.

Perubahan kedua

Ini adalah salah satu perubahan yang harus anda antisipasi. Kebanyakan wanita pada saat hamil kehilangan beberapa ingatan. Atau bahkan mereka menjadi sedikit pelupa. Hal tersebut seharusnya tidak membuat anda terlalu khawatir, namun anda juga harus tahu sehingga bisa mengantisipasinya. Perubahan hormon menyebabkan mereka sedikit kebingungan dan mudah lupa, sehingga, ada baiknya anda mencatat segala sesuatu dengan menggunakan smartphone atau dengan buku catatan agar anda tidak melupakannya.

Baca Juga:  Apakah Kita Membutuhkan Rencana Bersalin?

Perubahan ketiga

Ibu hamil sering merasakan mulas dan mengalami gangguan pencernaan. Kadangkala perasaan tersebut membuat anda sedikit khawatir mengenai jatuh tempo persalinan yang akan maju. Akan tetapi, apabila kontraksi tidak terjadi maka anda tidak perlu khawatir.

Perubahan keempat

Perubahan ini sangat umum terjadi dan sangat mendadak. Perubahan tersebut adalah naiknya tekanan darah hinnga 50 persen.Dimulai dari minggu ke-20 kehamilan.

Tekanan darah yang naik berkali-kali lipat tersebut harus anda antisipasi dengan rutin berolahraga dan aktif bergerak.

Perubahan kelima

Hamil dapat menyebabkan perempuan merasakan efek samping yang ditandai dengan tangan yang mati rasa atau kesemutan. Itu disebabkan oleh edemayang juga dikenal sebagai pembengkakan pada saat hamil. Perubahan-perubahan seperti ini mengharuskan anda banyak mengkonsumsi air putih dan menghindari berdiri terlalu lama.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.