5 Perawatan Kecantikan yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

5 Perawatan Kecantikan yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

tips-perawatan-wajah-untuk-ibu-hamilMemilih sesuatu yang baik selama kehamilan merupakan bagian penting dari proses berjaga-jaga agar anda dan bayi tetap sehat. Walaupun saat hamil merupakan saat-saat dimana anda merasa sangat lelah karena hormon yang terus-menerus bekerja merubah tubuh kita dari dalam, bukan berarti kita tidak boleh tampil cantik dan segar.

Bahkan, beberapa ahli kesehatan menyarankan kepada wanita untuk sesekali pergi ke salon atau spa. Mereka bisa mendapatkan pemijatan, mereka bisa dimanja dan mereka juga akan merasakan kebahagiaan serta perasaan santai yang selama ini dibutuhkan.

Akan tetapi, selama kehamilan anda juga harus tetap berhati-hati dalam melakukan berbagai jenis perawatan kecantikan. Karena tidak semua perawatan kecantikan aman untuk ibu hamil.

Ada berbagai perawatan kecantikan yang harus dihindari selama kehamilan. Perawatan kecantikan yang bisa meningkatkan suhu tubuh sebaiknya dihindari. Perawatan-perawatan seperti itu dapat membahayakan bayi di dalam kandungan terutama bagi mereka yang baru memasuki trimester pertama.

Jadi jika anda pergi ke salon atau spa, pastikan anda memberitahu karyawan disana bahwa anda sedang hamil sehingga jenis perawatan kecantikan yang anda dapatkan akan sedikit berbeda, begitu juga dengan perlakuannya.

Berikut adalah beberapa perawatan kecantikan yang harus dihindari selama kehamilan untuk menjaga agar bayi tetap sehat didalam kandungan dan terhindar dari berbagai cacat lahir.

  1. Produk kecantikan

Perawatan ekstrim harus dihindari dan dipertimbangkan selama kehamilan. Kulit wanita hamil sangat sensitif. Dan itulah alasan mengapa wanita hamil apabila akan menggunakan lotion dan lain-lain dianjurkan memilih yang untuk kulit sensitif.

Apabila anda ingin melakukan perawatan di spa, pastikan anda meminta produk-produk yang ringan untuk wajah, pijat dan lulur. Beberapa produk perawatan kulit dapat menyebabkan gatal-gatal dan ruam sehingga sebaiknya dihindari.

Baca Juga:  6 Hal yang Menyebabkan Melahirkan Menjadi Sangat Sakit

  1. Elektrolisis

Elektrolisis merupakan salah satu perawatan kecantikan yang juga harus dihindari selama kehamilan karena menggunakan sejenis arus yang dapat mempengaruhi kehamilan. Sebaliknya, termolisis adalah perawatan kecantikan yang lebih aman dan lebih disukai selama kehamilan. Waxing juga dapat menyebabkan iritasi dan dianjurkan untuk dihindari selama kehamilan karena kulit yang sensitif.

  1. Hindari yang dapat meningkatkan suhu tubuh

Berbagai perawatan kecantikan yang dapat meningkatkan suhu tubuh sebaiknya dihindari. Sauna, berada di ruang uap, pembungkus yang mengandung panas, dan kolam air panas untuk perawatan kecantikan,semuanya sebaiknya dihindari selama kehamilan. Bayi tidak memiliki cara untuk mendinginkan diri di dalam rahim sehingga sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

  1. Pijat yang tidak benar

Beberapa perawatan kecantikan melibatkan pemijatan di bagian punggung, kaki dan bahu. Apabila tidak dilakukan oleh ahli, pemijatan tersebut sebaiknya jangan dilakukan. Selama trisemester ketiga kehamilan, anda dianjurkan untuk bersantai. Dan pemijatan adalah salah satu cara membantu anda agar lebih santai.Oleh sebab itu, pilihlah ahli pijat yang memang sudah mengetahui bagaimana cara memijat ibu hamil dibandingkan dengan pijat-pijat tertentu yang kemungkinan besar dapat membuat tubuh anda bermasalah.

  1. Pedicure

Perawatan kecantikan ini sebaiknya dihindari selama kehamilan. Ada point refleksi tertentu di sekitar pergelangan kaki yang dapat menyebabkan kontraksi dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Pedicure dan manicure merupakan perawatan kecantikan yang harus dihindari selama kehamilan karena beberapa bahan yang digunakan dapat terserap ke dalam tubuh dan mengalir bersama darah serta menembus plasenta hingga dapat mempengaruhi bayi di dalam rahim.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.