5 Panduan Cara Menenangkan Diri Saat Hamil

5 Panduan Cara Menenangkan Diri Saat Hamil

ibu-hamil-baca-bukuKehamilan merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan seorang wanita yang harus dijaga. Karena pada saat hamil, wanita rentan terhadap berbagai masalah. Tidak hanya memepengaruhi dirinya, namun berbagai masalah yang ada, baik itu karena faktor eksternal maupun internal bisa mempengaruhi janin di dalam rahim. Ada berbagai efek negatif yang bisa terjadi apabila ibu hamil tidak pandai mengatasi stres, kebingungan, rasa cemas, ketakutan atau emosi. Semua itu dapat menyebabkan bayi berat lahir rendah, dapat menyebabkan bayi kekurangan gizi dan oksigen, serta dapat menyebabkan keguguran hingga kematian.

Itulah alasan mengapa wanita sangat dianjurkan untuk menghindarkan dirinya dari berbagai hal yang mengundang emosi atau stres.

Untuk menghindari berbagai gejala selama kehamilan seperti stres dan cemas, anda(wanita hamil) harus bersikap positif dan berpikir positif. Karena perkembangan bayi sangat tergantung pada apa yang dilakukan oleh ibunya.

Bagi ibu hamil, sering marah atau stres akan menyebabkan mereka menderita banyak kerugian, mulai dari, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan persalinan prematur dan dapat menyebabkan mereka mengalami berbagai komplikasi saat hamil maupun saat melahirkan.

agar bisa menghindarinya berbagai masalah dan komplikasi selama kehamilan, berikut adalah panduan dan cara yang bisa anda ikuti untuk menenangkan diri pada saat hamil.

  1. Bersikap positif

Bersikap positif atau berpikir positif akan memberikan anda banyak perubahan dalam kehidupan, terutama pada saat hamil. Dampaknya bagi otak dan tubuh anda sangat luar biasa. Bersikap positif akan memberikan kontribusi yang sangat signifikan pada pikiran sehingga mempengaruhi berbagai hormon di dalam tubuh selama kehamilan. Dengan positif dan berpikir positif, hormon-hormon yang tidak diinginkan seperti hormon kortisol tidak akan mengganggu kehamilan.

  1. Seimbangkan kegiatan anda
Baca Juga:  7 Snack Sehat untuk Ibu Hamil

Jika anda sudah memasuki kehamilan, anda harus mulai memikirkan banyak hal dan mengatur ulang kehidupan anda kembali. Pada saat hamil anda tidak boleh terlalu capek secara fisik maupun mental.

Berbagai kegiatan rumah tangga yang berat dan membuat anda sangat lelah sebaiknya dikurangi dan beban tersebut bisa dialihkan kepada suami atau pembantu rumah tangga. Apabila kehamilan anda berisiko tinggi, berbagai beban rumah tangga tersebut harus dikurangi secara signifikan.

Berikan kesempatan pada tubuh anda untuk beristirahat, milikilah waktu untuk berolahraga ringan, dan pastikan anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat.

  1. Tetap jaga hubungan anda dengan suami

Pada saat hamil, seorang wanita kebanyakan akan mengalami suasana hati yang naik turun, terkadang bahagia dan pada detik berikutnya mereka menjadi sangat emosional atau mudah marah. Hal tersebut tidak lepas dari pengaruh hormon kehamilan. Jadi, ada baiknya anda memberitahukan kepada suami agar mereka bisa bersabar dalam menghadapi wanita hamil. Dengan begitu, kualitas hubungan anda dengan suami bisa dijaga. Dengan kualitas hubungan yang baik antara anda dan pasangan akan membuat emosi menjadi lebih positif, kebahagiaan dan kesejahteraan juga akan tercipta.

  1. Menenangkan diri

Ibu hamil selalu merasa cemas dan selalu memikirkan dirinya serta bayi yang ada di dalam kandungannya. Oleh sebab itu, dianjurkan bagi mereka untuk meluangkan waktu sejenak menenangkan diri dan mengatur irama nafasnya. Dengan cara ini, mereka bisa mendamaikan pikiran dan membuat tubuhnya menjadi lebih rileks.

  1. Konsumsi makanan yang membangkitkan mood

Ada banyak jenis makanan sehat yang bisa membangkitkan mood diantaranya adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Selain bisa memperbaiki suasana hati, makanan-makanan yang mengandung asam lemak omega-3 juga sangat baik untuk perkembangan otak anak. Ini adalah cara lain menenangkan diri saat hamil yang patut anda coba.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.