12 Tips Kehamilan Penting yang Wajib Diketahui Wanita

hamiilSetelah hamil, anda pasti merasakan perasaan yang campur aduk antara bahagia dan takut karena mendapatkan kehamilan, dan selama 9 bulan ke depan anda akan mengandung dan kemudian menjadi ibu. Sedangkan stress bisa muncul karena bagi ibu baru, biasanya mereka bingung bagaimana menghadapi kehamilan dan apa yang harus dilakukan. Selain itu, setiap wanita juga biasanya khawatir mengenai berbagai komplikasi yang bisa saja terjadi. Selama kehamilan seorang wanita akan berubah menjadi lebih extra hati-hati dalam melakukan berbagai hal termasuk juga dalam memilih makanan.

Untuk bisa merawat kehamilan, ada beberapa tips kehamilan penting yang harus anda ketahui terutama apabila anda adalah seorang wanita.

Makanan merupakan salah satu yang paling penting dan harus diperhatikan. Sebenarnya makanan tidak hanya penting pada saat hamil namun juga sangat penting diperhatikan bahkan jauh-jauh hari sebelum hamil. Makanan yang anda konsumsi akan mempengaruhi tubuh anda dan juga janin di dalam kandungan. Saat hamil, tubuh wanita sangat rentan terhadap berbagai penyakit karena imun tubuhnya menurun disebabkan perhatian imun tubuh terbagi menjadi dua, untuk menjaga ibu dan menjaga bayi di dalam kandungan.

Ada banyak informasi mengenai bagaimana cara menjaga kehamilan agar tetap sehat dan beberapa tips juga sangat penting sehingga tidak boleh dilupakan. Bagi anda yang ingin menambah pengetahuan, berikut adalah beberapa tips tentang kehamilan yang wajib diketahui.

Tips pertama

Setiap ibu hamil wajib mengkonsumsi asam folat untuk mencegah cacat pada bayi mereka. Asam folat sebelum hamil harus dikonsumsi setidaknya 400 mcg (mikrogram) dan pada saat hamil harus dikonsumsi sekitar 1.000 mcg (mikrogram). Makanan yang banyak mengandung asam folat diantaranya adalah pisang, buah jeruk, sayuran berdaun hijau, ikan tuna, ikan mackerel dan lain-lain.

Tips kedua

Setiap daging, ikan dan telur yang anda konsumsi harus diperhatikan dalam kondisi matang secara keseluruhan baik di luar maupun didalam. Tidak dianjurkan mengkonsumsi sate yang tidak dimasak sebelumnya, atau telur setengah matang atau ikan yang tidak dimasak hingga benar-benar matang.

Baca Juga:  Cara Terbaik Mengatasi Kesulitan Tidur Saat Hamil

Tips ketiga

Periksakan kondisi anda sebelum dan sesudah hamil untuk memastikan berbagai penyakit yang mungkin saja bisa menjadi sumber komplikasi. Beberapa penyakit tertentu yang rawan dialami oleh ibu hamil salah satunya adalah penyakit kelenjar tiroid. Baik kelebihan tiroid atau kekurangan tiroid, kedua kondisi tersebut bisa membahayakan dan menyebabkan otak bayi terpengaruh.

Tips keempat

Selain mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber gizi, zat besi, kalsium dan vitamin ibu hamil juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Jika anda khawatir mengalami obesitas karena mengkonsumsi makanan seperti daging yang mengandung protein tinggi, anda bisa beralih ke makanan nabati seperti kacang-kacangan, ikan, dan produk susu.

Protein memainkan peranan penting dalam pertumbuhan bayi sehingga tidak boleh dilupakan.

Tips kelima

Dalam rangka melindungi diri anda dari berbagai penyakit karena saat ini anda rentan dan imun tubuh tidak baik, anda harus divaksin. Vaksin akan membantu mengatasi berbagai infeksi yang merugikan anda atau bayi.

Jika anda khawatir dengan berbagai penyakit seperti polio, campak, cacar dan lain-lain, ada baiknya anda melakukan tes darah untuk mengetahui apakah dulu ada di vaksin oleh orang tua atau tidak.

Tips keenam

Memang sangat sulit untuk menahan diri ketika menginginkan makanan-makanan tertentu pada saat hamil. Namun dengan meyakinkan diri bahwa makanan sehat adalah yang paling dibutuhkan oleh anda dan bayi di dalam kandungan, maka anda bisa dengan mudah menghindari makanan-makanan yang banyak mengandung kolesterol, yang bisa membuat tekanan darah tinggi naik, atau yang berbahaya seperti makanan pengundang diabetes.

Tips ketujuh

Selain asam folat, dibutuhkan juga asam lemak omega-3 untuk mencerdaskan otak bayi. Asam lemak omega-3 juga bisa membantu melindungi dari berbagai infeksi dan membantu menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah tinggi. Beberapa makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 antara lain buah alpukat, minyak biji rami, ikan tuna dan berbagai jenis kacang-kacangan.

Baca Juga:  6 Hal yang Menyebabkan Melahirkan Menjadi Sangat Sakit

Tips kedelapan

Kebersihan harus menjadi prioritas ibu hamil. Tidak boleh tidak, setiap sebelum dan sesudah makan, setelah masak, setelah membuang sampah, dll, ibu hamil harus mencuci tangan. Terlebih saat mereka akan mengkonsumsi makanan tertentu seperti buah-buahan maupun sayuran, mereka harus mencucinya hingga bersih. Karena, dikhawatirkan kandungan pestisida dan berbagai bakteri seperti toxoplasmosis yang berbahaya untuk janin karena dapat menyebabkan kelainan wajib diwaspadai.

Tips kesembilan

Makanan yang anda konsumsi harus diperhatikan pada saat sarapan, makan siang, maupun pada saat makan malam. Di dalam piring anda, anda harus menyertakan sayuran, kacang-kacangan, telur dan berbagai jenis biji-bijian. Ini merupakan diet seimbang yang harus dijalani oleh ibu hamil. Tinggalkan kebiasaan buruk dengan memperbanyak nasi dan mengurangi sayuran atau lauk-pauk.

Tips kesepuluh

Setiap makanan berbahaya yang dapat menyebabkan keguguran harus dihindari. Terutama pada saat memasuki trisemester pertama kehamilan. Makanan-makanan atau buah-buahan seperti pepaya, nanas, dan jambu biji tidak boleh dimakan terlalu berlebihan karena dapat melemahkan rahim.

Tips kesebelas

Jika anda kesulitan untuk mengkonsumsi makanan sehat karena rasa mual atau karena morning sickness yang terlalu berat, jangan lupa untuk pergi ke dokter untuk memeriksakan diri dan meminta suplemen jika dibutuhkan. Selain itu, untuk membantu pertumbuhan agar bayi tumbuh normal setidaknya perlu untuk mengkonsumsi suplemen vitamin prenatal.

Tips keduabelas

Pada saat anda makan, makanlah tidak terlalu banyak agar anda tidak mual-mual dan muntah. Dibandingkan dengan makan 3 kali sehari, anda lebih dianjurkan makan 6 kali sehari dalam jumlah yang kecil-kecil dan menambah cairan dari air putih atau dari jus buah. Ini lebih efektif untuk menghindarkan anda dari mual-mual dan muntah-muntah.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.