11 Cara Obesitas Mempengaruhi Kehamilan

11 Cara Obesitas Mempengaruhi Kehamilan

085353_pregnantdrinkBagian besar wanita cenderung mengalami obesitas selama kehamilan. Ada banyak perbedaan antara berat badan sehat dan kelebihan berat badan selama kehamilan. Obesitas tidak hanya mempengaruhi kesehatan, tetapi juga meningkatkan komplikasi selama kehamilan. Berurusan dengan obesitas pada saat hamil adalah salah satu yang harus diperhatikan dan diprioritaskan untuk segera diatasi.

Pembahasan lebih lengkap bisa anda lihat pada poin-poin berikut ini mengenai bagaimana obesitas mempengaruhi kehamilan seseorang.

1.        Komplikasi selama kehamilan

Beberapa komplikasi yang paling umum yang disebabkan oleh obesitas pada kehamilan diantaranya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, persalinan dengan operasi caesar, dan retensi berat badan pasca melahirkan.

2.        Mempengaruhi janin

Obesitas tidak hanya dapat memberikan ancaman bagi kesehatan ibu melainkan juga dapat menjadi salah satu alasan mengapa janin di dalam rahim tidak sejahtera.

3.        Kelahiran prematur

Ini merupakan dampak yang paling umum karena ibu hamil mengalami obesitas. Kelebihan berat badan selama kehamilan bisa menyebabkan dan meningkatkan kelahiran prematur. Yaitu kelahiran bayi sebelum minggu ke-37 kehamilan.

4.        Persalinan menjadi sulit

Berurusan dengan obesitas saat hamil sudah pasti sangat sulit dan ancaman terbesar adalah persalinan yang sulit ketika jatuh tempo telah tiba.

5.        Anak akan menderita obesitas

Ibu yang mengalami kelebihan berat badan selama kehamilan cenderung mewariskannya kepada anak yang dilahirkan sehingga kemungkinan besar mereka juga akan mudah mengalami obesitas selama mereka masih kecil dan remaja bahkan hingga dewasa.

6.        Kelainan kongenital

Dampak lain yang harus diwaspadai apabila seorang ibu hamil kelebihan berat badan adalah efek kongenital atau efek tabung saraf yang biasanya lebih parah. Kondisi tersebut membuat anak lebih rentan terhadap cacat.

Baca Juga:  5 Perawatan Kecantikan yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

7.        Sulit mendeteksi kelainan

Pada saat didiagnosa, misalnya menggunakan radio, kelainan yang ada pada bayi biasanya sulit dideteksi karena ibu mengalami obesitas atau tubuhnya terlalu banyak lemak.

8.        Diabetes gestasional

Ini adalah salah satu penyakit yang paling dikhawatirkan selain tekanan darah tinggi. Akibat obesitas, tubuh ibu hamil lebih mudah mengalami diabetes gestasional selama kehamilan dan resikonya akan meningkat di masa depan setelah melahirkan.

9.        Hipertensi

Dampak lain yang tidak kalah berbahayanya adalah tekanan darah tinggi yang disebabkan karena kelebihan lemak ditubuh.

10.   Pre-eklamsia

Jika seorang ibu sudah mengalami tekanan darah tinggi pada saat hamil, maka pre-eklamsia akan mengikutinya.Pre-eklamsia pada awalnya ditandai dengan tekanan darah tinggi dan beberapa gangguan organ seperti gangguan fungsi ginjal.Pre-eklamsia memang jarang terjadi pada wanita yang mengalami obesitas, namun kecenderungan itu tetap ada. Sehingga, sangat dianjurkan bagi setiap ibu untuk mengontrol berat badannya selama kehamilan.

11.   Keguguran

Dampak lain yang harus diwaspadai jika berat badan selama kehamilan naik secara signifikan adalah keguguran. Ini merupakan efek paling umum dari obesitas selama kehamilan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.