10 Perubahan pada Payudara Selama Kehamilan yang Harus Bunda Tahu

10 Perubahan pada Payudara Selama Kehamilan – Kehamilan adalah fase dalam kehidupan wanita yang tidak hanya membuatnya harus berhadapan dengan emosi yang naik turun, namun juga akan membuatnya berhadapan dengan banyak perubahan pada tubuh secara fisik. Perubahan-perubahan yang sangat cepat terjadi membuat beberapa masalah terkadang muncul. Salah satunya adalah perubahan yang terjadi pada payudara. Apabila perubahan tersebut terlalu cepat, ini akan memancing peningkatan kadar estrogen dan progesteron.

perubahan

Dan sudah pasti efeknya pasti tidak nyaman. Untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut, terutama akibat payudara yang berubah membesar, anda dianjurkan menggunakan bra yang nyaman tanpa kawat-kawat.

Kadangkala, memijat payudara juga bisa membantu mengurangi tekanan berlebihan serta rasa sakit hati. Berikut adalah 10 perubahan payudara selama kehamilan yang mungkin saja harus anda alami atau harus diperhatikan.

1. Nyeri

Nyari merupakan salah satu perubahan payudara terbesar dan paling menyakitkan selama kehamilan. Hampir 90% dari wanita hamil mengeluhkan masalah ini. Satu penyebabnya adalah meningkatnya kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Meskipun rasa nyeri tersebut akan berangsur-angsur berkurang, namun biasanya tidak hilang sepenuhnya.

2. Bertambah berat

Perubahan selanjutnya akan terjadi pada payudara adalah bertambahnya bobot. Bagi beberapa wanita, payudara yang besar membuat mereka merasa terlihat lebih cantik dan lebih seksi. Payudara yang membesar dan biasanya terjadi sekitar minggu keenam kehamilan dan disertai dengan rasa gatal karena peregangan kulit yang tiba-tiba.

3. Terlihat transparan

Beberapa wanita bisa melihat pembuluh darahnya di daerah payudara. Kondisi tersebut sebenarnya normal karena adanya suplai darah yang lebih banyak ke payudara menyebabkan pembuluh darah terlihat lebih jelas dan menonjol sehingga seolah-olah kuli terlihat transparan.

Baca Juga:  6 Fakta Mengenai Keputihan Selama Kehamilan

4. Puting bertambah besar

Kehamilan juga menyebabkan puting payudara tumbuh dan membesar karena adanya pengaruh hormon.

5. Warna menjadi lebih gelap

Daerah sekitar putting dan areola cenderung berubah menjadi lebih gelap karena adanya pigmentasi pada kulit yang disebabkan oleh hormon. Dan, ini merupakan perubahan pada payudara yang paling sering dialami oleh semua ibu hamil.

6. Kesemutan

Sensasi kesemutan merupakan perubahan payudara yang juga umum terjadi pada ibu hamil sehingga anda tidak perlu kaget jika mengalaminya.

7. Mengalami benjolan

Beberapa wanita menemukan payudara mereka mengalami benjolan-benjolan selama kehamilan. Penyebab paling umum benjolan tersebut adalah kista, jaringan serat dan galactoceles yang juga termasuk kista akan tetapi banyak mengandung air susu.

8. Merembes

Perubahan payudara selama kehamilan juga bisa ditandai dengan adanya kebocoran atau keluarnya cairan yang disebut kolostrum sekitar minggu ke-16 kehamilan.

9. Perubahan struktur

Biasanya ada sedikit perubahan pada struktur di sekitar areola yang sangat menyakitkan dan sebaiknya tidak di pecahkan karena dapat menyebabkan infeksi.

10. Rasa nyeri

Perubahan payudara selama kehamilan selanjutnya yang paling umum adalah munculnya rasa nyeri karena payudara yang semakin membesar serta adanya aktivitas memproduksi susu terutama menjelang akhir kehamilan. Susu yang terlalu banyak dan terus-menerus terakumulasi akan membuat payudara menjadi lebih keras serta sakit dan tertekan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.