10 Pertanyaan yang Harus Diajukan Kepada Dokter Mengenai Kehamilan

10 Pertanyaan yang Harus Diajukan Kepada Dokter Mengenai Kehamilan- Pada saat tespek menunjukkan hasil positif, maka itu adalah saat paling menggembirakan yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Bagi wanita yang selama ini mengidam-idamkan kehamilan, kesenangan tersebut terkadang akan berubah menjadi rasa takut karena banyaknya hal yang belum diketahui oleh mereka mengenai kehamilan.

71110112015-apa-saja-kriteria-kehamilan-normal

Oleh sebab itu, anda juga harus banyak pengetahuan dalam rangka mengurangi rasa cemas. Semakin banyak anda tahu, maka anda lebih mudah mencegah, mengantisipasi serta memilih jalan yang benar, misalnya dengan mengkonsumsi makanan sehat maupun dengan menjalani gaya hidup yang baik.

Morning sickness terkadang sangat menakutkan dan mengerikan. Beberapa masalah seperti mual dan muntah muntah terkadang juga membuat seorang ibu kesulitan mengkonsumsi makanan sehingga mereka khawatir bayinya tidak akan mendapatkan cukup nutrisi serta vitamin. Sekali waktu hormon di tubuh mereka membuat wanita hamil berubah menjadi sangat pemarah atau bahkan sangat sedih di lain waktu. Kondisi-kondisi yang selalu berfluktuatif tersebut harus ditangani dengan baik jika anda tidak ingin kehamilan terganggu.

Untuk bisa menambah pengetahuan dan untuk mengetahui jawaban sesungguhnya mengenai kekhawatiran selama ini yang anda dirasakan, ada baiknya anda bertemu dokter atau bidan untuk menanyakannya langsung.

Berikut adalah 10 pertanyaan yang sebaiknya anda tanyakan kepada dokter agar anda tidak khawatir.

A.      Berat badan

Salah satu hal yang paling penting untuk ditanyakan kepada dokter selama kehamilan adalah tentang berat badan yang sehat serta yang dianjurkan.

Selama berat badan dapat dikontrol dan naik secara bertahap sesuai dengan yang dianjurkan, maka hal tersebut akan lebih baik.

B.       Vitamin prenatal

Anda sudah sering mendengar tentang vitamin prenatal. Akan tetapi, apakah vitamin tersebut anda butuhkan atau tidak?Anda bisa menanyakannya kepada dokter. Beberapa vitamin prenatal seperti kalsium, asam folat dan lain-lain, sebelum dikonsumsi harus dikonsultasikan dengan bidan atau dokter terlebih dahulu.

Baca Juga:  Efek Samping Pare pada Kehamilan

C.      Kunjungan ke dokter

Pada saat anda pertama kali mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan dan memastikan kehamilan positif, anda juga harus menanyakan berapa kali anda harus mengunjungi dokter sehingga anda bisa membuat jadwal untuk melakukan pemeriksaan untuk menjaga kesehatan anda dan bayi.

D.      Tes

Pertanyaan lain yang harus anda ajukan kepada dokter adalah mengenai tes selama kehamilan. Biasanya ada beberapa pengujian kesehatan yang harus dilalui oleh ibu termasuk tes darah dan tes urine.

E.       Obat-obatan yang aman

Apabila anda memiliki penyakit tertentu yang melibatkan obat-obatan, pastikan anda berkonsultasi dan menanyakan hal tersebut kepada dokter. Obat-obatan kebanyakan tidak dianjurkan selama kehamilan kecuali dengan resep dokter.

F.       Pewarna rambut dan pemijatan

Bergaya pada saat hamil sebenarnya tidak dilarang. Melakukan beberapa kegiatan seperti mengunjungi spa, mendapatkan pijakan, mewarnai rambut dan lain-lain sebenarnya tidak dilarang.Hanya saja ada aturan tersendiri yang harus diikuti oleh setiap wanita hamil. Jadi, jangan lupa untuk menanyakan hal ini kepada dokter jika anda berencana untuk melakukannya.

G.      Makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi

Pada saat melakukan pemeriksaan, dokter akan mengetahui beberapa hal dari diri anda, sehingga mereka bisa mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh anda makan. Jadi, jangan lupa untuk menanyakan hal tersebut agar tidak merugikan anda.

H.      Nyeri dan sakit

Apabila anda merasakan nyeri di punggung, sakit di kaki dan lain-lain pastikan anda menanyakan hal tersebut kepada dokter untuk mengetahui apa penyebabnya? Bagaimana cara menanganinya? Serta bagaimana cara mencegahnya?

I.         Latihan

Anda sudah pasti sering mendengar bahwa wanita hamil dianjurkan untuk banyak berlatih atau berolahraga. Dan tanyakan juga kepada dokter olahraga apa yang aman serta baik untuk anda agar tubuh tetap sehat dan kehamilan jauh dari komplikasi. Selain itu, olahraga juga sangat baik untuk mempersiapkan tubuh menghadapi persalinan.

Baca Juga:  Untuk Suami, Ini Dia Rahasia Cara Merawat Istri yang Sedang Hamil

Namun sebelum anda berolahraga, tanyakan hal tersebut kepada dokter, apakah kehamilan anda yang beresiko rendah sehingga diperbolehkan untuk olahraga atau bukan?

J.        Hubungan intim

Pertanyaan yang harus diajukan kepada dokter pada saat hamil yang terakhir adalah mengenai hubungan intim. Bagaimana cara-cara yang dianjurkan, serta cara-cara yang aman untuk menghindari komplikasi? Semua harus anda tahu dan mintalah saran dokter.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.