10 Penyakit yang Terkait dengan Kehamilan

10 Penyakit yang Terkait dengan Kehamilan

sakitKehamilan merupakan kabar gembira yang akan membuat anda dan pasangan memiliki perasaan campur aduk antara senang dan takut. Anda senang karena sebentar lagi anggota keluarga akan bertambah. Namun anda juga bisa takut karena disebabkan berbagai komplikasi yang mungkin saja bisa muncul. Beberapa wanita menghadapi beberapa masalah seperti komplikasi selama kehamilan mereka dan beberapa wanita lainnya mungkin saja tidak memiliki banyak komplikasi atau memiliki resiko yang sangat rendah.

Ada beberapa penyebab kehamilan beresiko tinggi. Dan, beberapa kehamilan yang beresiko tinggi tersebut sudah bisa diprediksi sejak sebelum anda hamil. Satu contoh, apabila wanita hamil di usia 35 tahun ke atas, maka berbagai penyakit akan mudah menyerang dan berbagai komplikasi seringkali mengganggu.

Penyakit kehamilan tidak hanya mempengaruhi kesehatan anda namun dapat juga mempengaruhi bayi yang ada di dalam rahim. Diantara beberapa penyakit yang dapat membuat kehamilan anda berisiko adalah,

1.        Linu panggul

Linu pada panggul atau sciatica adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan kehamilan dapat menyebabkan rasa sakit pada saraf skiatik tanda. Jika anda menderita penyakit ini, biasanya anda akan merasakan gejala sakit pada. Bagian belakang paha dan kemudian menyebar ke titik bagian bawah lutut.

2.        Infeksi ginjal

Infeksi ginjal merupakan penyakit lain yang terkait dengan kehamilan. Penyakit ini menyebabkan wanita mengalami infeksi pada saluran kemih. Beberapa dampak lain yang mungkin saja diakibatkan oleh infeksi ginjal adalah perubahan hormon yang dapat mengurangi kecepatan perjalanan urine melalui saluran kemih. Masalah ini kemudian akan meningkat hingga beban pada ginjal bertambah.

3.        Kanker

Selama kehamilan ada beberapa jenis kanker yang sering menjadi lebih berbahaya. Diantaranya adalah kanker payudara, kanker serviks, melanoma dan limfoma. Beberapa jenis kanker bisa diobati dan diatasi selama kehamilan serta tidak membahayakan bayi.

Baca Juga:  Apakah Kita Membutuhkan Rencana Bersalin?

4.        Diabetes

Diabetes adalah penyakit menghawatirkan lainnya yang seringkali dialami ibu hamil. Penyakit ini menimbulkan kadar gula darah yang tidak baik dan dapat mempengaruhi bayi.

5.        Tekanan darah tinggi

Ini juga merupakan salah satu penyakit paling umum yang berkaitan dengan kehamilan. Tekanan darah tinggi bisa berbahaya untuk bayi dan dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah serta memancing pre-eklamsia.

6.        Infeksi

Apabila anda mendapatkan infeksi selama kehamilan, maka hal tersebut harus ditangani dengan baik. Agar anda terhindar dari infeksi, selalu jaga kebersihan diri anda dan menjaga kebersihan lingkungan, mandi rutin, mencuci tangan sebelum makan dan hindarilah mengkonsumsi berbagai jenis makanan mentah.

7.        Hipotiroidisme

Ini merupakan gangguan pada kelenjar tiroid yang dapat mempengaruhi otak bayi. Hipotiroidisme atau kekurangan hormon tiroid biasanya disebabkan karena ibu kekurangan zat yodium. Untuk mengatasinya anda harus banyak mengkonsumsi garam beryodium atau mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium seperti ikan.

8.        Kekurangan zat besi

Penyakit lain yang juga akrab dengan ibu hamil adalah kekurangan zat besi yang dapat mengembangkan anemia.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan bayi berada dalam resiko dan rentan dengan berbagai masalah.

9.        Sembelit

Sembelit merupakan gejala umum pada kehamilan dan hampir setiap ibu mengalaminya. Kadang-kadang, suplemen zat besi yang dikonsumsi dapat menyebabkan ibu mengalami sembelit sehingga patut untuk diwaspadai. Untuk mengatasi masalah ini, anda dianjurkan banyak mengkonsumsi air putih dan makanan berserat tinggi.

10.   Sakit pada pinggang

Selama kehamilan, perut akan terus membesar sehingga beban akan menjadi lebih berat di bagian depan. Dengan begitu, otot-otot pinggang dan punggung akan tertarik sehingga anda cenderung lebih mudah merasakan sakit. Untuk mengurangi gejala penyakit yang terkait dengan kehamilan ini, anda harus pandai-pandai duduk, tidur dan berdiri dengan postur yang tepat.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.