10 Manfaat Kismis Apabila Dikonsumsi Saat Hamil

10 Manfaat Kismis Apabila Dikonsumsi Saat Hamil

kismis-2Anda harus mengetahui makanan apa saja yang sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, baik untuk dirinya maupun untuk bayi di dalam kandungan. Pada saat yang sama ada beberapa makanan yang juga berbahaya selama kehamilan dan harus dihindari seperti pepaya, nanas, dan jambu biji apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Salah satu makanan yang juga aman untuk dikonsumsi selama kehamilan adalah kismis. Tahukah anda manfaat kismis untuk kehamilan?

Seorang ibu hamil harus memiliki diet seimbang yang penuh dengan nutrisi. Selain buah-buahan segar, buah kering juga bisa bermanfaat. Beberapa diantara buah kering yang banyak manfaatnya adalah kurma, aprikot, kacang-kacangan dan kismis.

Khusus untuk kismis, buah kering ini mengandung banyak kalium, zat besi, kalsium dan magnesium. Selain itu kismis juga mengandung antioksidan, mineral dan beberapa vitamin.

Jika anda ingin mengetahui beberapa manfaat kismis untuk kehamilan, berikut adalah beberapa diantaranya.

1.        Menjaga kesehatan gigi

Beberapa wanita sering mengalami pendarahan pada gusi atau kerusakan pada gigi ketika hamil. Dan, kismis merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung asam linoleat dan tentu saja bermanfaat untuk mencegah gigi berongga atau rusak.

2.        Mengatasi sembelit

Kesulitan buang air besar pada ibu hamil terutama pada trimester ketiga bisa diatasi dengan memanfaatkan kismis. Kismis mengandung banyak serat dan bisa dimanfaatkan sebagai obat pencahar yang aman untuk ibu hamil. Serat akan membantu menyimpan air di dalam usus dan menciptakan tekanan agar buang air besar menjadi lebih lancar.

3.        Mencegah anemia

Manfaat selanjutnya apabila ibu hamil mengkonsumsi kismis adalah, mereka bisa terhindar dari anemia. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa, buah kering ini kaya akan zat besi dan vitamin B kompleks serta mineral lainnya yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin.

Baca Juga:  Mengapa Ibu Hamil Wajib Menghindari Pertengkaran?

4.        Mencegah asam refluks

Ini juga merupakan salah satu masalah umum yang dihadapi ibu hamil. Pertumbuhan bayi menyebabkan pencernaan semakin aktif dan menyebabkan isi lambung naik ke esofagus dan membuat rasa mulas. Kismis kaya akan kalium dan magnesium yang dibutuhkan untuk menyembuhkan atau mengobati refluks asam.

5.        Memberikan energi tambahan

Selama kehamilan, ibu sudah pasti membutuhkan banyak energi untuk mendukung pertumbuhan bayi dan mendukung aktivitasnya. Selain banyak mengandung nutrisi, kismis juga memiliki banyak gizi serta bisa membantu meningkatkan energi karena memiliki kandungan gula.

6.        Membantu melawan morning sickness

Banyak wanita hamil yang merasakan mual dan muntah. Apabila anda mengalaminya, anda bisa menyediakan kismis untuk mencegah hal tersebut.

7.        Meningkatkan penglihatan

Kismis dikenal sebagai salah satu buah kering yang bisa meningkatkan kemampuan melihat kita karena banyak mengandung vitamin serta dapat juga bermanfaat untuk mencegah komplikasi selama persalinan.

8.        Membangun struktur tulang

Apabila dikonsumsi selama kehamilan, kismis bisa membantu perkembangan tulang karena banyak mengandung kalsium. Dengan demikian, bayi di dalam kandungan akan memiliki tulang yang kuat dan sehat.

9.        Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah kering ini bisa mencegah kanker yang disebabkan radikal bebas. Seperti yang kita tahu bahwa wanita hamil rentan terhadap berbagai penyakit termasuk kanker, itu disebabkan karena beberapa perubahan di dalam tubuh mereka. Untuk mencegah penyakit kanker, terutama kanker payudara, ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi kismis dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

10.   Membantu melancarkan pencernaan

Jika anda bertanya apakah kismis baik untuk kehamilan? Maka jawabannya sudah bisa anda lihat dari poin-poin sebelumnya dimana kismis bisa membantu mengatasi banyak masalah serta dapat juga meningkatkan nafsu makan dan untuk membantu memperlancar pencernaan. Kandungan seratnya yang sangat tinggi bisa mengeluarkan racun dan mengobati sembelit.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.