10 Manfaat Jambu Biji untukWanita Hamil

10 Manfaat Jambu Biji untukWanita Hamil

jambu-bijiJambu biji memiliki aroma yang sangat manis dan rasanya juga lezat. Buah ini disukai oleh hampir setiap orang termasuk juga wanita hamil karena aromanya yang tidak terlalu menyengat. Disamping rasanya yang enak dan aromanya yang tidak terlalu keras, buah ini banyak mengandung gizi, kaya akan vitamin dan mineral, mengandung zat besi, thiamin, kalsium, kalium, magnesium dan fosfor serta beberapa kandungan lainnya.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mungkin anda bertanya-tanya apakah seorang ibu hamil aman mengkonsumsi jambu biji? Mengkonsumsi buah yang satu ini oleh ibu hamil dikategorikan sebagai buah yang aman. Akan tetapi, jambu juga memiliki beberapa efek yang harus tetap diingat. Layaknya buah pepaya atau buah nanas, buah jambu bisa berbahaya selama kehamilan apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, buah ini bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil karena banyaknya kandungan vitamin serta mineral yang dimilikinya. Buah ini terbukti memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C serta mineral-mineral yang telah disebutkan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil bila mengkonsumsi jambu dalam jumlah yang cukup.

1.        Meningkatkan imunitas

Sistem kekebalan tubuh ibu hamil sangat rentan dan biasanya menurun karena harus menjaga ibu dan bayi di dalam kandungan. Dengan bantuan vitamin C yang ada dalam jambu akan bisa memperkuat sistem imun tubuh.

2.        Banyak mengandung nutritive

Seorang ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat agar janinnya juga mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan. Mereka dianjurkan mengkonsumsi banyak makanan yang kaya nutrisi. Dan, jambu biji merupakan salah satunya.

3.        Menjaga tekanan darah

Wanita hamil rentan terhadap tekanan darah tinggi dan biasanya tekanan darah tinggi merupakan awal dari pre-eklamsia. Tentu saja tekanan darah tinggi selalu mengkhawatirkan apabila terjadi selama kehamilan. Oleh sebab itu, mengkonsumsi jambu biji yang sudah matang akan memberikan bantuan kepada anda untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Baca Juga:  Informasi dan Tips Masa Kehamilan

4.        Bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf

Asam folat sudah pasti sangat penting bagi perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Dan, ternyata, folat juga terkandung di dalam jambu biji sehingga akan memberikan keuntungan ganda bagi mereka yang mengkonsumsinya.

5.        Menenangkan pikiran

Selama seorang ibu hamil mengalami tekanan atau stres, biasanya tubuhnya akan melepaskan hormon kortisol yang bisa berbahaya bagi kehamilan. Untuk menenangkan saraf ibu hamil yang mengalami stres, jambu biji bisa membantu.

6.        Mengatasi sembelit

Jambu biji banyak mengandung serat dan sangat baik untuk usus. Sehingga apabila anda kesulitan buang air besar pada saat hamil mengkonsumsi jambu biji akan membantu memperlancarnya.

7.        Menjaga gula darah

Apabila anda ingin gula darah tetap stabil atau diabetes bisa diatasi, maka anda juga setidaknya harus rutin mengkonsumsi jambu biji yang sudah matang pada saat hamil. Karena buah ini bermanfaat untuk mengontrol tingkat gula darah dan mencegah diabetes.

8.        Mempertajam penglihatan

Manfaat lain yang tidak boleh anda lupakan adalah kandungan vitamin A yang terdapat pada buah ini. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A bisa mencegah kebutaan dan meningkatkan ketajaman visi. Baik untuk ibu maupun janin didalam kandungan.

9.        Menurunkan resiko kanker

Wanita hamil rentan terhadap berbagai penyakit termasuk juga kanker payudara. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung antioksidan ini akan membantu mencegah kanker karena mengandung likopen serta vitamin C yang berfungsi mencegah kanker dan membuang racun dari dalam tubuh.

10.   Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan juga merupakan gejala kehamilan yang tidak boleh dianggap remeh karena bisa sangat merugikan. Salah satu gangguan pencernaan yaitu refluks asam bisa diatasi dengan mengkonsumsi jambu biji pada saat hamil.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.