10 FaktaAneh Tentang Kehamilan dan Bayi

10 FaktaAneh Tentang Kehamilan dan Bayi- Kehamilan membuat kita merasa gembira namun sekaligus hawatir. Ini merupakan perasaan campuran yang setiap ibu pasti merasakannya. Ada rasa gembira, tegang, serta takut. Terlepas dari itu semua, mengalami perubahan fisik secara drastis selama kehamilan akan membuat banyak hal berubah mulai dari kebiasaan, gravitasi, dan bahkan mood atau emosi juga berubah.

ibu-dan-bayi

Namun, yang perlu anda lakukan hanyalah menikmati setiap perubahan, baik emosi maupun fisik yang terjadi selama kehamilan. Dan banyaklah membaca serta mencari tahu tentang bagaimana caranya menjaga kehamilan serta bagaimana caranya mempersiapkan persalinan. Dengan begitu, rasa cemas yang anda hadapi selama ini kemungkinan bisa berkurang.

Ada banyak fakta menarik mengenai kehamilan dan bayi. Selain aneh, biasanya fakta-fakta tersebut mengejutkan dan menakjubkan. Berikut adalah beberapa diantaranya.

 

A.      Ayah juga mengalami gejala kehamilan

Mungkin ini terdengar tidak masuk akal, namun sangat mungkin terjadi. Gejala ini disebut sindrom couvade dimana ayah dari bayi yang ada dalam kandungan tersebut mengalami beberapa gejala kehamilan selama trisemester pertama hingga trisemester terakhir. Seorang ayah bisa merasakan mual dan muntah atau menurun berat badannya. Dalam kasus ekstrem, seorang ayah bisa mengalami nyeri pada tubuhnya sebagai ungkapan rasa simpati terhadap apa yang dialami oleh istri.

 

B.       Rahim yang mengembang

Fakta selanjutnya mengenai kehamilan adalah, ternyata rahim bisa mengembang hingga 500 kali dari ukuran normalnya. Itulah sebabnya mengapa seorang ibu bisa hamil dengan jumlah bayi 1, 2, 3 bahkan lebih.

Setelah melahirkan, secara perlahan rahim akan kembali ke ukuran normalnya. Ukuran asli rahim tidak lebih besar dari buah persik.

 

C.      Hati ikut membesar

Tidak banyak orang yang tahu bahwa saat hamil, hati ibu juga ikut membesar. Hal tersebut disebabkan karena peregangan tulang rusuk untuk mengakomodasi rahim yang terus membesar. Ini juga menyebabkan organ tubuh bergeser dan salah satunya adalah hati yang ikut membesar.

Baca Juga:  Amankah Melakukan Perjalanan ke Dataran Tinggi Saat Hamil?

 

D.      Bayi bisa menangis didalam rahim

Beberapa penelitian melalui scan 4D menunjukkan bahwa bayi bisa cemberut di dalam rahim. Dan ilmuwan lain menemukan bahwa bayi juga bisa menangis di dalam rahim.

 

E.       Bayi bisa kencing di dalam rahim

Setelah trisemester kedua kehamilan, bayi bisa kencing di rahim ibu dan kemudian meminum kencingnya kembali Ini merupakan siklus terus-menerus yang terjadi di dalam rahim.

 

F.       Tinja pertama bayi

Tinja pertama bayi disebut mekonium biasanya bisa keluar setelah kehamilan berusia 21 minggu. Mekonium bisa sangat berbahaya apabila tertelan oleh bayi.

 

G.      Detak jantung meningkat signifikan

Tahukah anda kehamilan menyebabkan volume darah bertambah dan jantung bekerja dengan lebih keras. Banyaknya volume darah yang dipompa menyebabkan jantung bekerja 50% lebih berat dibandingkan biasanya.

 

H.      Tulang anda berubah menjadi lemah

Tubuh memproduksi hormon yang disebut relaksin untuk mempersiapkan agar proses melahirkan lebih mudah. Hormon ini menyebabkan tulang dan ligamen menjadi lunak. Itulah sebabnya mengapa bayi bisa melewati panggul selama persalinan alami.

 

I.         Rambut menjadi tebal dan kuat

Selama kehamilan biasanya seorang ibu tidak menemukan dirinya mengalami kerontokan rambut karena pengaruh hormon estrogen yang sangat tinggi. Inilah yang menyebabkan terlihat lebih tebal saat hamil. Selain itu, beberapa ilmuwan lain menemukan bahwa rambut benar-benar menjadi tebal atau berukuran lebih besar tiap helainya.

 

J.        Kaki melebar dan memanjang

Fakta aneh selanjutnya tentang kehamilan adalah, ligamen dan kaki wanita hamil benar-benar melebar dan memanjang karena pengaruh hormon relaksin. Namun ukuran kaki tersebut akan kembali ke ukuran normal berapa bulan setelah melahirkan.

PERHATIAN - BUNDA Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka.
Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.